Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMKN 7 Bone

Penulis

  • Syarifah Bakri Pascasarjana Pendidikan Kimia UNM
  • Muhammad Danial Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Arsyad Fisika Bumi, Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Kesulitan, Kurikulum Merdeka, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Abstrak

This research is a quantitative descriptive research that aims to examine the difficulties of teachers in implementing the Merdeka (independent) curriculum at SMKN 7 Bone. The objectives of the research are to describe (1) the level of difficulty of teachers in planning the Merdeka Curriculum learning at SMKN 7 Bone, (2) the level of difficulty of teachers in implementing the Merdeka Curriculum learning at SMKN 7 Bone, and (3) the level of difficulty of teachers in evaluating the Merdeka Curriculum learning at SMKN 7 Bone. The research subjects were teachers at SMKN 7 Bone. The sample used was a saturated sample of 33 people. Data collection was conducted by administering questionnaires and interviews. The data were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques by giving scores to indicators, determining the total score obtained, determining the percentage of indicator scores obtained, and then interpreting them into categories. The results of the research reveal that the level of difficulty of teachers in implementing the Merdeka curriculum at SMKN 7 Bone at the planning stage is 25% in low category, at the implementation stage is 36.35% in low category, and at the evaluation stage is 31.82% which is also in low category. The conclusion obtained from this research is that the difficulties of teachers in implementing the Merdeka curriculum at SMKN 7 Bone is in low category.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusty, S.S., Indah R.A., & Aulya N.P. 2023. Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Modul Ajar di SMA Negeri Pakusari Jember. Jurnal Biologi ,1(2),1-8.

Andiani, R., & Maria. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk Pemetaan Masalah Belajar Peserta didik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36-41.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Ayu, I.K., & Hergiani, A. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Kimia di Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 01-08.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1, 2105-2118.

Damayanti, F., Tutik. S., & Anton. S. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK Negeri 6 Surakarta. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 2(3), 126-141.

Dewi, L.M.A., Astuti, Ni Putu, E. 2022. Hambatan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Rare Pustaka, 4, 31-39.

Ginanto, D., Ameliasari, …..,& Dwi. 2024. Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hidayat, M. C., & Syam, A. R. 2020. Urgensitas Perencanaan Strategis dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Madrasah Era Revolusi Industri 4.0. AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 4, 1-13.

Imawanty, & Fransiska, A. B. 2019. Optimalisasi Asesmen dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling Dengan Memanfaatkan Aplikasi Formulir Daring Jotform. Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.129-135.

Lukman, S.H., Ana,S., Agustiani, N. 2023. Pelatihan Penyusunan Modul Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(5), 4961-4970.

Munawwarah, Z.R., Prastowo., & Nurjannah. 2021. Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP),5(3), 356-363.

Permendikbud No 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Rahmadayati,D., & Hartoyo, A.2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (edisi kedua). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1, 115-132.

Setiawan, H. R. 2021. Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 507–511.

Yusriani., Muhammad Arsyad., & Kaharuddin Arafah. 2020. Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 138-141.

Widarti, R.H., Munzil, …….,& Wahyudi, A. 2023. Analisis Kesulitan Pendidik Kelompok MGMP Kimia Sidoarjo dalam Pembuatan Modul Ajar Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS),157-163.

Zarkasi., Taqiudin., Muslihatun., MFM Fajri. 2022. Madrasah dalam Platform Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gema Nurani Guru, 1, 71-79.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-21

Cara Mengutip

Bakri, S., Muhammad Danial, & Muhammad Arsyad. (2025). Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMKN 7 Bone. Chemistry Education Review, 8(2), 1–9. Diambil dari http://journal.unm.ac.id/index.php/CER/article/view/6881

Terbitan

Bagian

Articles