Pengembangan Komik Digital Model Pembelajaran PBL pada Maeri Asam Basa di Kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang

Penulis

  • Husnayaini Arham Mahasiswa
  • Ramlawati Pendidikan IPA UNM
  • Sulfikar

Abstrak

Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan komik digital model pembelajaran PBL pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang dan 2) mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan komik digital model pembelajaran PBL pada materi asam basa. Subjek penelitian yaitu 35 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian didasarkan pada tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan; 1) rata-rata nilai kevalidan media komik digital berbasis PBL sebesar 3,79 dengan kategori sangat valid, 2) rata-rata nilai kepratisan dari segi keterlaksanaa media sebesar 1,74 dengan kategori terlaksana seluruhnya, serta mendapat respon dari guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 91,75% dan 83,33% dengan kategori sangat praktis, dan 3) rata-rata nilai keefektifan dari segi hasil belajar diperoleh ketuntasan kelas sebesar 88,57% dan peningkatan motivasi belajar berdasarkan analisis N-gain diperoleh peningkatan motivasi belajar sebesar 0,78 dengan kategori tinggi sedangkan pembagian kategori N-gain dalam bentuk persen sebesar 78% dengan kategori efektif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa komik digital model pembelajaran PBL efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aryanti, D. Y, Sari Ulandari, & Ardiyanti Silvia Nuro. (2023). Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Prosedding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 1(1).

Awalliyah, Safitri. (2022). Analisis Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Siswa pada Matei Asam dan Basa. Jurnal Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 1(1).

Istijabatun, S. (2008). Pengaruh Pengetahuan Alam Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2).

Magdelena, R. N, Evita Anggereini, & Afreni Hamidah. (2018). The Develompment of E-Bool Contextual Based 3D Pageflip in Invertebrata Materials for student of Class X MIA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Mardikaningtyas, D. A, Ibrohim, & Suarsini. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Penelitian fitoremediasi untuk Menunjang Keterampilan Ilmiah, Sikap Peduli Lingkungan, dan Motivasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan, 1(3).

Meltzer David E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnotic Pretest Scores. Am. J. Phys, 70(12).

Minarti, Malik & Fuldiaratman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik dengan 3D Page Flip pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Putri. D, S, Darul, I, Jasmienti, & Alimir. (2023). Pengaruh penerapan media pembelajaran mind map terhadap daya ingat siswa pada materi SKI kelas VIII di MTSN 3 pasaman. Journal of humanities and education, 2(2).

Putri, Y.D, Rina Elvina, & Hermansyah Amir. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2).

Sari, S.Y, Yesi Gusmani, & Nailul Himmi Hasibuan. (2023). Pengembangan Media komik Digital Sebagai Media Literassi Numerasi. Jurnal Studi Pendidikan Matematika, 12(1).

Ummah Inayah, Erwin, E. S, Chairan, Z. P, & Ayu, V. W. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar berbasis komik digital. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA 2).

Widyoko, S.E.P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-18

Cara Mengutip

Arham, H., Ramlawati, & Sulfikar. (2025). Pengembangan Komik Digital Model Pembelajaran PBL pada Maeri Asam Basa di Kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang. Chemistry Education Review, 8(2). Diambil dari http://journal.unm.ac.id/index.php/CER/article/view/6882

Terbitan

Bagian

Articles