Persepsi Guru Kimia terhadap Konsep Kimia Hijau dan Implikasinya dalam Kurikulum Pembelajaran

Penulis

  • Army Auliah Kimia, Universitas Negeri Makassar
  • islawati islawati Kimia, Universitas Negeri Makassar
  • Vika Puji Cahyani Kimia, Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Kimia Hijau, Persepsi Guru, Kurikulum Pembelajaran, Pendidikan Keberlanjutan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Abstrak

Penerapan prinsip Kimia Hijau dalam pendidikan menjadi semakin penting untuk mendukung keberlanjutan dan mengurangi dampak negatif bahan kimia terhadap lingkungan. Namun, pemahaman dan penerimaan guru terhadap konsep ini masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru kimia terhadap konsep Kimia Hijau serta implikasinya dalam kurikulum pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner berbasis skala Likert dan wawancara semi-terstruktur. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengidentifikasi distribusi persepsi guru serta analisis korelasi sederhana untuk mengeksplorasi hubungan antara pemahaman guru dan tingkat penerapannya dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap prinsip Kimia Hijau masih terbatas, dengan tingkat ketidaksetujuan mencapai 47,42% dan tingkat penerimaan hanya 31,38%. Prinsip reduces derivatives, prevention, dan design for degradation memiliki tingkat ketidaksetujuan tertinggi, sedangkan prinsip less hazardous chemical syntheses dan design for energy efficiency lebih diterima. Hambatan utama dalam penerapan Kimia Hijau adalah kurangnya sumber daya, pelatihan, serta kebijakan yang mendukung. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan serta pengembangan kurikulum berbasis Kimia Hijau diperlukan untuk memastikan integrasi yang efektif dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anastas, P. T., & Warner, J. C. (2014). Green Chemistry: Theory and Practice. Oxford University Press.

Armstrong, L. B., et al. (2018). Teaching students the complexity of green chemistry. ScienceDirect.

Aubrecht, K. B., et al. (2019). Integrating green chemistry in the curriculum. ACS.

Burmeister, M., & Eilks, I. (2012). An understanding of sustainability and education for sustainable development among German student teachers and trainee teachers of chemistry. Science Education International, 23(2), 125-144.

Chen, M., Jeronen, E., & Wang, A. (2020). What lies behind teaching and learning green chemistry to promote sustainability education? MDPI.

Hernandez, P., Gonzalez, J., & Lopez, M. (2023). Project-based learning as a method to enhance student understanding of green chemistry principles. Journal of Chemical Education, 100(2), 110-125.

Hutchison, J. E. (2019). Systems thinking and green chemistry. Bridgewater.

Johnson, M. S., Patel, R., & Nguyen, T. (2020). Teacher resistance to curriculum innovation: A study on green chemistry adoption. International Journal of Science Education, 42(3), 345-360.

Karpudewan, M., Zain, A. N., & Chandrasegaran, A. L. (2017). Developing pre-service teachers’ green chemistry knowledge through problem-based learning. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 596-606.

Kim, H., Park, J., & Lee, S. (2024). Policy support for integrating green chemistry into secondary school curricula: A European perspective. Environmental Education Research, 30(1), 45-63.

Mahaffy, P., Matlin, S., & Hopf, H. (2018). Reorienting chemistry education through systems thinking and green chemistry. Nature Sustainability, 1(7), 377-380.

Marques, C. A., Marcelino, L. V., et al. (2021). Green chemistry teaching for sustainability in papers published by the Journal of Chemical Education. SciELO.

Martinez, C., & Brown, T. (2023). Experience vs. innovation: How teaching experience influences chemistry educators’ acceptance of green chemistry. Journal of Science Teaching, 58(4), 230-248.

Mellor, K. E. (2019). Green chemistry & chemical stewardship certificate program. Taylor & Francis.

Müller, R., Schmidt, P., & Weber, F. (2024). Challenges and opportunities in implementing green chemistry in school laboratories. Chemistry Education International, 15(1), 12-28.

Nahlik, P., Kempf, L., et al. (2023). Developing green chemistry educational principles. RSC.

Overton, T., Randles, C. A., & Brennan, D. (2016). Assessing students' understanding of green chemistry principles: Challenges and best practices. Journal of Chemical Education, 93(6), 985-995.

Paschalidou, K., Salta, K., & Koulougliotis, D. (2022). Exploring connections between systems thinking and green chemistry in chemistry education. ScienceDirect.

Ribeiro, C., Costa, A., & Silva, J. (2019). Exploring safer chemical alternatives: An approach to green chemistry education in schools. Education for Sustainability, 7(3), 214-229.

Singh, R., Gupta, S., & Kumar, V. (2024). Evaluating student comprehension of green chemistry: A new assessment framework. International Journal of Science Assessment, 20(1), 78-92.

Wang, Y., & Roberts, C. (2023). The impact of professional development on teachers’ implementation of green chemistry. Journal of Educational Research, 45(5), 321-338..

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-20

Cara Mengutip

Auliah, A., islawati, islawati, & Vika Puji Cahyani. (2025). Persepsi Guru Kimia terhadap Konsep Kimia Hijau dan Implikasinya dalam Kurikulum Pembelajaran. Chemistry Education Review, 8(2). Diambil dari http://journal.unm.ac.id/index.php/CER/article/view/7290

Terbitan

Bagian

Articles