THE EFFECT OF E-BOOK USAGE ON INDONESIAN LANGUAGE LEARNING OUTCOMES IN GRADE VII JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Authors

  • M. Irwansyah R Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikmah H Universitas Negeri Makassar
  • Andromeda Valentino Sinaga Universitas Negeri Makassar

Keywords:

E-book, Indonesian Language Subject, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to determine the effect of e-book use on student learning outcomes in Indonesian language subjects for class VII at SMP Negeri 13 Makassar. The use of E-books in the learning process is considered capable of improving student learning outcomes by attracting students' attention to read the material in the E-book. The approach used in this study is a quantitative approach. This study uses an experimental research type, where this type of research is used to compare the learning outcomes obtained before the implementation of E-book-based learning media and after the implementation of E-book-based learning media on Indonesian language learning outcomes in class VII at SMP Negeri 13 Makassar. This study uses an experimental research type, so in collecting data can be done by means of questionnaires, tests, and observations or observations. The population of this study was all class VII students at SMP Negeri 13 Makassar. The samples taken were class VII F students totaling 28 students and class VII J students totaling 29 students. This research was conducted at SMP Negeri 13 Makassar from July 11 to July 26, 2023. This school is located at Jalan Tamalate VI No.2, Kassi-Kassi, Rappocini District, Makassar City, South Sulawesi. In this school, class VII is divided into 11 classes where class VII F consists of 28 students and class VII J consists of 29 students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis mobile learning. Educational Leadership, 2, 110–111.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.

Astiti, D. K. S., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan metode pembelajaran jigsaw sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1, 30–41.

Lingga, M. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran matematika SMP Negeri 4 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Makbul, M. (2021). Metode penelitian data dan instrumen penelitian.

Martinawati, L. (2017). Pengaruh pengembangan karier dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Kesehatan Kota Palembang. Motivasi, 2(1), 149–164.

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 4. Jurnal Basicedu, 3, 306–312.

Mulyadi, S., Basuki, H., & Rahardjo, W. (2016). Psikologi pendidikan: Dengan pendekatan teori-teori baru dalam psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Permendikbud. (2016). No. 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Ramly. (2014). Mata kuliah pengembangan Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Ruddamayanti, R. (2019, Maret). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1).

Rukiah. (2019). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan penguasaan daur hidup hewan kelas IV-B SD Negeri 13 Blang Mangat tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 1–15.

Silva, I. P., Purnomo, D., & Zuhri, M. S. (2019). Efektivitas pendekatan konstruktivisme berbantu media e-book berbasis Android terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas X di SMKN 11 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 310–316.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian bidang manajemen, teknik, pendidikan, dan eksperimen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sobari, T., & Azis, A. (2014). Bahasa Indonesia: Sebuah pengantar. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP).

Soesilo, T. D. (2018). Penelitian inferensial dalam bidang pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Soulissa, S. M., Smith, A., & Matdoan, M. N. (2020). Hubungan bahan ajar e-book berbasis Android dan berpikir kritis konsep sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bula. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 6(2), 109–116.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Buluh Rampai tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 184–194.

Surahman. (2020). Metode penelitian. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Syahfitriani, M. (2022). Pengaruh penggunaan buku elektronik (e-book) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI IPA di SMA Negeri 14 Makassar.

Tompo, B. (2017). Cara cepat membuat buku digital Android. Malang.

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.

Yanto, S. (2022). Pengaruh workshop media pembelajaran terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 26 Makassar.

Yunanda, R., & Hutasuhut, D. H. (2023). Hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan percaya diri siswa kelas VIII SMPN 1 Perbaungan tahun ajaran 2021/2022. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 47–54.

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

11/30/2024