Efektivitas Penerapan Teori Polya dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Ngembalrejo

Authors

  • Yunisa Setiowati Universitas Muria Kudus
  • Mellia Nor Halifah Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35580/imed.v8i2.3319

Keywords:

Pemecahan masalah matematis, Luas Bangun Datar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan teori polya untuk menyelesaikan soal luas bangun datar terkait kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan soal tes. Soal tes berupa uraian berjumlah 5 soal. Soal tes dimaksudkan untuk mengukur kemampuan pemecahan matematis siswa dengan menerapkan teori Polya. Dalam analisis data teknik yang digunakan adalah one sample t test dengan tujuan untuk menentukan apakah suatu nilai tertentu berbeda secara signifikan dengan rata-rata (mean) sampel yaitu hasil tes siswa. Nilai standar yang diberikan adalah nilai KKTP yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal luas bangun datar dengan menerapkan teori Polya sama dengan nilai KKTP 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teori Polya dalam menyelesaikan soal luas bangun datar efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ngembalrejo karena dapat mencapai KKTP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustani, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Materi Geometri. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224–231.

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2020). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.

Hafsyah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pemecahan Masalah Ddfk (Definisi, Desain, Formulasi, Dan Komunikasi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 24–39.

Hajar, Y., & Sari, V. T. A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 120–131.

Indriani, R., Rambe, K. B., & Wandini, R. R. (2023). Pengaruh Teori Polya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32182–32186.

Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72–80.

Nashan, S., Anisa, R. N., Ummah, N., Margaretha, S. M., & Fitryah, A. (2019). Analisis Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode PBL Kelas V DI SD 2 Bulong Kulon. Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 2(1), 1–23.

Ngazizah, K. (2019). Efektifitas Kopetensi Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Karyawan Di Rumah Makan Ayam Penyet Suroboyo Cabang Kediri, Syariah, IAIN Kediri, 2019. IAIN Kediri.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. SIBUKU MEDIA.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Septiana, E., & Saidah, R. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas I Sd Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 11.

Rohman, Syaifudin, & Astiswijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang Rohman1)*,. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5, 165–173.

Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). Buku Ajar STATISTIKA. FEBS Letters, 185(1), 4–8.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439.

Wahyuningtyas, D. T. (2014). Modul Bangun Datar dan Bangun Ruang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Zukhriya, R., Sugiman, & Noriza Munahefi, D. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Pada Model Brain Based Learning Berbantuan MIT App Inventor. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 921–927.

Downloads

Published

2024-10-01