Analisis Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Geometri

Authors

  • Nur Fadillah Amir Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang
  • Agusalim Juhari

DOI:

https://doi.org/10.35580/imed.v8i2.5372

Keywords:

komunikasi matematika, masalah geometri, kemampuan matemamatika siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan sedang dapat mencapai semua indikator-indikator komunikasi matematis pada penelitian ini yaitu siswa mampu menyajikan gambar yang sesuai, siswa juga mampu memahami masalah dengan mengoprasikan rumus, serta siswa mampu menggunakan notasi-notasi matematika dengan benar. Sedangkan siswa berkemampuan rendah hanya dapat mencapai indikator 1, yaitu siswa dapat menyajikan masalah kedalam bentuk gambar dengan sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Afifah, N. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) (Suatu Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMPN 14 Bandung). Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1); 86-94.

Aras, L. & Juhari, A. (2020). Geometri dan Pembelajarannya. Gowa: Agma

Asnawati, Sri. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments. Jurnal Euclid, 3(2); 474-603.

Clements, D. H. & Battista, M. T. 1992. Geometry and spatial reasoning. In D. A. Grouws (Ed.) Handbook of research on mathematics teaching and learning. NY: Macmillan.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1); 21-34.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1); 25-32.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1); 77-85.

Kostos K. & Eul K. S. 2010. Using Math Journals to Enchance Second Graders’ Communication of Mathematical Thinking. Early Chilhoos Education Journal. Springer Science+Bussines Media, LLC, 10(38); 223-231.

NCTM. 2000. Principles and standards for school Mathematics. Reston,VA:NCTM.

Nugraha, A. 2013. Pembelajaran Matematika Melalui Metode Personalized System of Instruction (PSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Ejournal Mathline Unwir, 2(1); 72-80.

Qohar, A. 2011. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Makalah disajikan dalam Lomba dan Seminar Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta.

Rahman, R. A., Yusof, Y. M., Kashefi, H., & Baharun, S. 2012. Developing Mathematical Communication Skills of Engineering Students. Procedia-Social and Behavional Sciences 46, 472(6); 5541

Downloads

Published

2024-09-20