Pengembangan Strategi Pemasaran Digital, dan Pembelajaran Software Akuntansi Accurate pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i2.1085Keywords:
UMKM, Studi Kelayakan Bisnis, Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, Software AccurateAbstract
Praktik Kerja Lapangan (Pengembangan Inovasi (PKL/PI)) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian oleh mahasiswa STIE Madani Balikpapan baik mahasiswa program studi S-1 Manajemen maupun S-1 Akuntansi kepada masyarakat. PKL (PI) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan dalam menyelesaikan gelar pendidikan sarjana oleh mahasiswa Program Studi Strata 1 (S-1) di STIE Madani Balikpapan. Program PKL (PI) tahun 2023 dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli sampai dengan 24 Oktober 2023. Kelompok 8 melaksanakan kegiatan PKL (PI) di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur dengan fokus pendampingan UMKM Bontings.
Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (Pengembangan Inovasi) yang dilakukan yaitu berupa pendampingan/pelatihan pelaku UMKM serta sosialisasi/penyuluhan/seminar. Untuk melaksanakan kegiatan PKL (PI) tersebut dilakukan beberapa metode yaitu dengan mengidentifikasi masalah serta menentukan tujuan dan pelaksanaan. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilakukan untuk mengembangkan UMKM melalui strategi pemasaran digital dan juga pembelajaran software akuntansi Accurate. Adapun dengan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (Pengembangan Inovasi) di Kelurahan Manggar Baru ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Manggar Baru mengenai peran penting pemasaran digital dalam mengembangkan usahanya, terciptanya pengembangan UMKM melalui penerapan strategi pemasaran digital, serta meningkatnya pengetahuan dan kemampuan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengoperasikan software akuntansi Accurate guna menyusun laporan keuangan.