Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang

Authors

  • Andi Sadriani Universitas Negeri Makassar
  • Ibrahim Arifin Universitas Negeri Makassar
  • Muliana GH Universitas Negeri Makassar
  • Zuhra Adminira Ruslan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.126

Keywords:

Pojok baca, literasi, numerasi

Abstract

Literasi numerasi merupakan pemahaman tentang penggunaan simbol dan angka matematika dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Menurut hasil PISA yang dirilis OECD pada tahun 2018, tingkat literasi numerasi Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara, yang menunjukkan bahwa tingkat literasi numerasi di Indonesia masih sangat rendah. Banyak faktor yang memengaruhi kemampuan literasi numerasi, seperti kemampuan dalam memecahkan masalah matematika dan kemampuan literasi peserta didik.Selain itu, banyak siswa Sekolah Dasar kurang memiliki motivasi dalam membaca dan berhitung. Tujuan kegiatan pengabdian untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui program pojok baca. Sasaran kegiatan pengabdian adalah siswa SD Negeri Pampang. Metode pengabdian dilakukan dengan pendampingan, meliputi prosedur kegiatan survey, sosialisasi, pelatihan, pembelajaran, dan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan program “Pojok Baca” dapat meningkatkan kemandirian siswa sebesar 65%, serta meningkatkan kemampuan literasi-numerasi meningkat sebesar 55%. Kegiatan program “Pojok Baca” dapat ditindaklanjuti sebagai program pojok digital sebagai upaya pengembangan literasi digital.

Kata Kunci: Pojok baca, literasi, numerasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Sadriani, A., Arifin, I., GH, M., & Adminira Ruslan, Z. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.126