Edukasi Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i1.2161Keywords:
edukasi, faktor resiko, mahasiswa, penyakit tidak menular, perilakuAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan mempromosikan perubahan perilaku sehat. Lokasi kegiatan ini adalah di FIKK UNM. Metode pengabdian melibatkan rangkaian sesi pemaparan materi yang interaktif, diskusi kelompok, dan kegiatan praktis. Materi edukasi mencakup aspek-aspek utama terkait PTM, termasuk pola makan, aktivitas fisik, manajemen stres, dan kebiasaan merokok. Penilaian dilakukan melalui kuesioner pra dan pasca kegiatan, serta pengamatan terhadap perubahan perilaku mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai faktor risiko PTM dan adanya perubahan positif dalam perilaku sehat. Diskusi diakhiri dengan identifikasi sejumlah rekomendasi, termasuk perbaikan materi edukasi, penyesuaian metode pengajaran, dan kolaborasi dengan pihak eksternal. Kesimpulan dari kegiatan ini menekankan pentingnya pendekatan edukasi yang sesuai konteks untuk memicu perubahan positif dalam perilaku mahasiswa. Harapannya, model kegiatan ini dapat diadopsi secara luas untuk meningkatkan pemahaman dan kesehatan masyarakat di tingkat perguruan tinggi dan lingkungan sekitarnya.