Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Matematika Siswa Kelurahan Lalolang Melalui Program Aljabar

Authors

  • Fitriani Dewi Universitas Negeri Makassar
  • Mutiara Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Nurwati Djam'an Universitas Negeri Makassar
  • Hamda Universitas Negeri Makassar
  • Suradi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i1.2327

Keywords:

ALJABAR, Bimbingan Belajar, matematika

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada proses kegiatan belajar mengajar dipengaruhi beberapa faktor seperti masih banyaknya siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, kurangnya motivasi yang dimiliki siswa dalam belajar dan permasalahan yang dimiliki siswa dilingkungan keluarga dan lingkungan rumah tinggal siswa. Tim KKN Tematik UNM Kelurahan Lalolang melalui salah satu program kerjanya yaitu Ayo Belajar Bareng (ALJABAR) berupaya membantu anak-anak di kelurahan Lalolang dalam memahami pelajaran matematika, khususnya untuk operasi hitung matematika. Ayo Belajar Bareng (ALJABAR) merupakan kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan diluar jam sekolah yang bertujuan membantu para siswa untuk lebih memahami materi matematika. Program kerja ALJABAR ini dilaksanakan menggunakan metode yang bervariasi. Program ini dilaksanakan di siang dan sore hari dengan enam titik yaitu SDN 44 Barru, MI At-Taufiq, UPTD SMPN 5 Barru, Mts At-Taufiq, Rumah Warga, dan TK/TPA Masjid Nurul Iman Mattoangin. Perkembangan prestasi belajar siswa rata-rata menunjukkan perkembangan yang baik dengan adanya ALJABAR ini. Tim pengabdi mengamati berdasarkan kecepatan dan ketepatan siswa dalam menjawab soal dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pertemuan bimbingan belajar setelah diadakan proker ALJABAR.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fitriani Dewi, Mutiara Ramadhani, Djam’an, N., Hamda, & Suradi. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Matematika Siswa Kelurahan Lalolang Melalui Program Aljabar. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–49. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i1.2327