Edukasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Meningkatkan Pengolahan Referensi Penulisan Ilmiah Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.4635Keywords:
mendeley, referensi, penulisan ilmiahAbstract
Pelatihan mahasiswa untuk menggunakan mendeley telah terbukti meningkatkan kualitas artikel ilmiah yang dihasilkan. Tujuan akhir dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola referensi ilmiah secara efektif. Kegiatan edukasi pemanfaatan aplikasi mendeley ini dilaksanakan pada senin, 7 oktober 2024 pada ruang seminar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh 256 orang. Kegiatan diawali dengan memberikan materi terkait sitasi dan daftar Pustaka, dilanjutkan dengan tutorial menggunakan aplikasi Mendeley dan diakhiri dengan praktik langsung oleh mahasiswa. Kegiatan pengabdian edukasi penggunaan aplikasi Mendeley kepada mahasiswa Administrasi Kesehatan Universitas Negeri Makassar telah terlaksana dengan baik. Kegiatan ini mampu meningkatkan insight dan pemahaman mahasiswa terutama untuk keperluan penulisan ilmiah pada semester akhir. Telah terkumpul total 173 tugas Latihan Mendeley dengan masing-masing sepuluh artikel, sehingga total terdapat 1.730 artikel yang telah dikutip menggunakan aplikasi Mendeley oleh peserta dalam kegiatan pengabdian tersebut.