Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pendampingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) pada Anak-anak Melalui Program KKNT di Desa Jompie Kabupaten Bone

Authors

  • Irwan Universitas Negeri Makassar
  • Ja'faruddin Universitas Negeri Makassar
  • Syafruddin Side
  • Nurazizah Universitas Negeri Makassar
  • Baiq Nurkhalishah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.4825

Keywords:

Al-quran, BTQ, KKN Tematik

Abstract

Al-Quran sebagai sumber pedoman dan ilmu terpenting dalam Islam, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas individu. Salah satu cara mengimplementasikan tujuan tersebut melalui kegiatan BTQ yang merupakan salah satu program KKN-T, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mampu meningkatkan motivasi anak-anak desa Jompie Kabupaten Bone dalam mempelajari ayat suci Al-Quran yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman, Masjid Al-Mujahidin dan TPQ di rumah kepala BPD. Metode pengajaran yang di gunakan yaitu metode iqro dan metode talqin. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau observasi langsung dilapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya yang hasilnya berupa data deskriptif. Hasil dari kegiatan BTQ adalah selain memperbaiki bacaan dan hafalan anak-anak yang ada di desa Jompie Kabupaten Bone juga dapat memberikan dampak positif dilingkungan masjid karena anak-anak melakukan salat berjamaah di masjid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Irwan, Ja’faruddin, Side, S., Nurazizah, & Baiq Nurkhalishah. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pendampingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) pada Anak-anak Melalui Program KKNT di Desa Jompie Kabupaten Bone. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 183–187. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.4825