Pembinaan ONMIPA-PT 2024 Bidang Matematika untuk Mahasiswa Perwakilan Universitas Muslim Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.5043Keywords:
ONMIPA-PT, Matematika, Kompetisi, Pembinaan, BlendedAbstract
Kegiatan pembinaan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) untuk mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2024 bidang Matematika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika mahasiswa agar dapat bersaing dengan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Inisiatif ini dilakukan dengan mempertimbangkan belum adanya program studi Matematika atau bidang serupa di Universitas Muslim Indonesia, sehingga diperlukan upaya khusus untuk membekali mahasiswa dengan dasar-dasar matematika yang memadai. Kegiatan ini melibatkan lima mahasiswa perwakilan dan seorang mentor yang memberikan pendampingan berupa penjelasan materi dasar matematika serta latihan soal untuk mengasah kemampuan para mahasiswa. Pembinaan dilaksanakan secara blended yaitu daring dan luring. Materi yang dipelajari meliputi kombinatorik, aljabar linear, dan analisis real. Hasil kegiatan pembinaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dikompetisikan, meskipun belum ada yang lolos ke tingkat nasional ONMIPA-PT.