PKM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar
  • Rika Kurnia Universitas Negeri Makassar
  • Fitriani Dzulfadhilah Universitas Negeri Makassar
  • Rusmayadi Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Isbar Pratama Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.5146

Keywords:

Fun Thinkers Book, Collaborative Learning, taman kanak-kanak, media pembelajaran, pelatihan

Abstract

Artikel ini membahas kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan bagi guru taman kanak-kanak di Kecamatan Polombangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, untuk pembuatan media pembelajaran "Fun Thinkers Book" berbasis Collaborative Learning. Tujuan utama pelatihan adalah meningkatkan kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif, serta memperkuat penerapan pembelajaran kolaboratif yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Kegiatan ini melibatkan metode ceramah, diskusi, praktik langsung, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan respons positif dari peserta, yang mampu memahami dan mengembangkan Fun Thinkers Book untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Faktor pendukung keberhasilan termasuk komitmen peserta dan dukungan organisasi lokal, sementara tantangan meliputi keterbatasan waktu dan sumber daya. Pelatihan ini diharapkan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Amriani, S. R., Kurnia, R., Dzulfadhilah, F., Rusmayadi, & Pratama, M. I. (2024). PKM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 228–233. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.5146