Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka:Pembelajaran Kontekstual dan Asesmen Berbasis Teknologi di PAUD

Authors

  • Muhammad Akil Musi Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Nurhidayah Hidayah Universitas Negeri Makassar
  • Parwoto Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Yusri Bachtiar Universitas Negeri Makassar
  • Azizah Amal Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.5839

Keywords:

Asesmen, Guru PAUD, Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Wajo bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam merancang pembelajaran yang kontekstual dan asesmen yang lebih fleksibel berbasis teknologi. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, pengawas, penilik, dan guru PAUD dari lembaga pendidikan formal dan non-formal. Pelatihan dilakukan dalam dua hari dengan empat tahapan utama: identifikasi masalah dan kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, diskusi, dan praktik langsung dalam penyusunan tema pembelajaran serta modul ajar dan penggunaan asesmen berbasis teknologi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 85% peserta berhasil merancang tema pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal lembaga, 80% peserta berhasil menyusun modul ajar serta 60% saat pelatihan guru telah mencoba menggunakan teknologi dalam kegiatan asesmen. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan dalam mengakses internet dan kesulitan dalam menyesuaikan tema dan capaian pembelajaran (CP) yang selalu mengalami perubahan dengan kondisi riil di lapangan. Meskipun demikian, peserta menunjukkan antusiasme tinggi terhadap perubahan dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen berbasis teknologi. Program ini diharapkan dapat menjadi model dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Wajo dengan dukungan lanjutan dari pemerintah daerah dalam hal pendampingan dan peningkatan kapasitas guru.

Kata Kunci: Asesmen, Guru PAUD, Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pembelajaran Kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Muhammad Akil Musi, Hidayah, S. N., Parwoto, Bachtiar, M. Y., & Amal, A. (2024). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka:Pembelajaran Kontekstual dan Asesmen Berbasis Teknologi di PAUD. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 313–323. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.5839