WORKSHOP PEMBELAJARAN INOVATIF PADA SATUAN PAUD DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i1.676Keywords:
Anak, Inovarif, Pembelajaran, PendidikanAbstract
Pada masa Pandemi Covid 19 mengubah proses pembelajaran yaitu dari pembelajaran tatap muka menjadi dalam jaringan (Daring), selain itu seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi membawa pada tuntutan perkembangan kompetensi baik pendidik maupun peserta didik. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang bertujuan memberikan pondasi bagi perkembangan anak dimasa mendatang oleh karena itu pada masa ini disebut dengan golden age. Pembelajaran PAUD pada masa sekarang ini harus mengimplementasikan pembelajaran yang mampu menstimulasi kegiatan berpikir tingkat tinggi pada anak (HOTS), melalui pembelajaran HOTS akan distimulasi aspke creative and critical thinking, problem solving dan transfer knowledge pada anak melalui kegiatan main yang didesain oleh gurunya. Oleh karena itu pendidik PAUD juga dituntut untuk mampu mendesain pembelajaran yang HOTS melalui perangkat pembelajaran. Selain itu media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik harus mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengenal perkembangan IPTEK yaitu melalui media pembelajaran TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge). Terlebih pada pembelajaran di masa Pandemi pendidik PAUD dituntut untuk mampu menciptakan desain dan inovasi pembelajaran dalam memfasilitasi pembelajaran Daring pada peserta didik. Oleh karena itu tim pengabdi berupaya mengatasi permasalahan mitra dengan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui empat solusi kegiatan; (1) Sosialisasi Perangkat Pembelajaran HOTS dan media pembelajaran TPACK, (2) Penyusunan Perangkat Pembelajaran HOTS dengan menggunakan media pembelajaran TPACK, (3) Pelatihan pembuatan Media Pembelajaran TPACK guna menstilumasi HOTS pada Peserta Didik.