Interface Aplikasi Human Rights Notification dengan Pendekatan KnowledgeThinking
Keywords:
Design Thinking, User Interface, User Experience, Human RightsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat desain user interface dan user experience (UI/UX) pada aplikasi Human Rights Notification menggunakan metode design thinking serta mengevaluasi desain UI/UX aplikasi tersebut guna memastikan aplikasi tersebut dapat digunakan dengan mudah dan efektif serta memenuhi kebutuhan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah design thinking meliputi lima tahap yaitu, empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan interview (wawancara), angket, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan System Usability Scale (SUS), mendapatkan skor rata-rata yaitu 81. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem atau produk yang diuji memiliki tingkat ketergunaan yang dapat diterima/acceptable, berada pada kelas B dari skala penilaian, dan mendapat penilaian sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan sistem atau produk yang diuji menunjukkan kualitas yang tinggi dalam hal penggunaan dan kegunaannya.
Downloads
References
Yunara, A. Y. (2019). Efektivitas Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 dan Pengadilan Hak Asasi Manusia. Al-Dustur, 2(2), 1–21.
Habibah, S. M. (2020). Implementasi Pemenuhan HAM Sebagai Upaya Penguatan Positive Peace di Indonesia. Integralistik, 31(1), 34–40.
Isra, S. (2016). Peran Mahkamah Konstitusi dalam Penguatan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Jurnal Konstitusi, 11(3), 409. https://doi.org/10.31078/jk1131
Tobroni, F. (2020). Pengenalan Hak Asasi Manusia Bagi Siswa Di Perbatasan : Pengabdian Masyarakat Di Pulau Sebatik. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01), 55–66. https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i01.2876
Purnia, D. S., & Sipayung, R. U. (2023). Perancangan UI/UX Jasamarga Digitalisasi Arsip Menggunakan UCD Pada PT. Jasa Marga Tbk. BINA INSANI ICT JOURNAL, 10(1), 263-277.
Alamsyah, R., Nugroho, I. M., & Alam, S. (2022). Redesign User Interface Dan User Experience Aplikasi Wastu Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 152–159. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.506
Syahrul, Y. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 109–117. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i2.342
Hikmah, S. N., Haryoko, A., Nurlifa, A., & ... (2023). Evaluasi Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Desa Menggunakan Pendekatan User Persona dan User Journey Map. Stains (Seminar …, 2, 390–395. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/stains/article/view/2901
Kurnianto, P. (2021). Prototipe Perancangan Mobile App “Lecis” (Lecture Information System) Untuk Mahasiswa. Barik, 2(2), 239–257. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Luh Putri Ari Wedayanti, N., Kadek Ayu Wirdiani, N., & Ketut Adi Purnawan, I. (2019). Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 7(2), 113. https://doi.org/10.24843/jim.2019.v07.i02.p03
Fadilah, J., Susanto, T. T., & Kusnadi, E. (2018). Perancangan Logo SEE SYSTEM Untuk Membangun Brand Awareness Sebagai Aplikasi Online Untuk Prospecting Databse Customer. Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 9(2), 150-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.