MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES BONTOBILA

Authors

  • Nur Rezky Ramadhan Universitas Bosowa
  • Restu Januarty Hamid Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.554

Keywords:

Hasil Belajar, Materi Perkalian, Papan Perkalian

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti di SD Inpres Bontobila metode ceramah masih digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika sehingga siswa memiliki rasa bosan dan merasa kurang bersemangat untuk ikut dalam proses pembelajaran. Dari 16 siswa-siswi yang mengikuti penelitian, hanya 31,75% yaitu 5 siswa yang hasil belajarnya melebihi satuan minimal yang ditentukan dari sekolah. Melaksanakan  proses pembelajaran menggunakan tindakan kelas peneletian. Disini peneliti berperan menjadi pendidik yang terus ikut selama perencanaan, pelaksanaan, observasi maupun refleksi. Temuan dari siklus 1 menunjukkan bahwa pekerjaan pendidik sudah bagus, tetapi masih punya kesenjangan yang perlu dibenahi, keterlibatan siswa belum cukup optimal, dan 9 anak dengan klasikal memiliki nilai penilaian belajar siswa yang mencapai kesempurnaan 56,25%. Siklus dua menunjukkan pekerjaan pendidik telah membaik, kekurangan terdapat di siklus 1 telah tertutupi, siswa menjadi rajin melaksanakan proses belajar mengajar, serta 14 siswa mencapai kesempurnaan dengan persentase klasikal 87,5%. . Pencapaian  belajar meningkat dari 56,25% menjadi 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya implementasi media piringan reproduksi pada materi reproduksi berdampak positif terhadap pengembangan pencapaian belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula.

Afifah, Hasna Nur, and Meita Fitrianawati. “Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar.” WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2.1 (2021): 41-47.

Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. “Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2.1 (2021): 1-10.

Armin, Rismayani, and Waode Hensi Purwati. “Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika (2021): 81-86.

Ekowati, Dyah Worowirastri, et al. “Literasi numerasi di SD Muhammadiyah.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3.1 (2019): 93-103.

Hasan, Muhammad, et al. “Media Pembelajaran.” (2021).

Khamidin, Ahsanul. “PENERAPAN MEDIA PAPAN PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017. 2018.

Kurniawati, Lailita Nurfi. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2.2 (2022): 113-119.

Maâ, Siti. “Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?.” HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling 35.1 (2018): 31-46.

Mashuri, Sufri. Media pembelajaran matematika. Deepublish, 2019.

Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. “Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3.1 (2021): 9-15.

Sirait, Erlando Doni. “Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6.1 (2016).

Yeni, Ety Mukhlesi. “Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS) 2.2 (2015).

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Nur Rezky Ramadhan, & Restu Januarty Hamid. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES BONTOBILA. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 138–146. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.554