PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR TERHADAP ANAK USIA DINI

Authors

  • Lenny Meilany Universitas Padjajaran
  • Sri Sulastri Universitas Padjajaran
  • Siti Witianti Universitas Padjajaran
  • Gigin G K Basar Universitas Padjajaran

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.646

Keywords:

Peran orang tua, Motivasi, Anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran kunci yang dimainkan oleh orang tua dalam memotivasi dan meningkatkan minat belajar anak usia dini. Anak-anak usia dini adalah kelompok yang sangat rentan dan berpotensi besar dalam pembentukan motivasi belajar mereka. Orang tua, sebagai pemimpin pertama dalam kehidupan anak, memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk persepsi anak terhadap pendidikan. Studi ini melibatkan analisis literatur yang cermat untuk mengungkap bagaimana perilaku, dukungan, dan interaksi orang tua dengan anak-anak mereka dapat mempengaruhi minat belajar mereka. Temuan menyoroti pentingnya dorongan positif, pengawasan yang bijaksana, dan lingkungan belajar yang merangsang dalam mendorong motivasi anak usia dini. Selain itu, peran orang tua dalam memfasilitasi eksplorasi kreatif dan memberikan dukungan emosional yang stabil juga ditekankan. Hasil penelitian ini menggaris bawahi betapa pentingnya peran orang tua dalam membentuk dasar yang kuat bagi pembelajaran seumur hidup anak-anak mereka. Pendidik dan praktisi pendidikan dapat menggunakan wawasan ini untuk kerja sama antara sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan pendidikan yang holistik pada anak usia dini. Kesimpulannya, orang tua memiliki peran utama dalam merangsang minat belajar anak-anak usia dini dan memotivasi mereka untuk mengejar pengetahuan dengan semangat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, Mukti, and Siti Aisyah. "Hakikat anak usia dini." Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini 65 (2014).

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

http://dr-suparyanto.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-minat.html

Hurlock, B. Elizabeth. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Jaya, I. Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia, 2020. LUBIS, F. E. (2018). Sistem Kompetisi.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Pendidikan, I. (2013). Konsep Dasar Belajar. [Online] Rosdakarya

Sari, Diana. "Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa." In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 2017.

Siti. (2011). Pengertian Belajar [Online].

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutjipto. 2009. Jurnal. http.www.depdiknas.go.id. (diakses tanggal 24 februari 2011)

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, 2016. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika

https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/444/1/Skripsi_Lilia%20Kusuma%20Ningrum_PAI_1501010067%20-%20Perpustakaan%20IAIN%20Metro.pdf

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19920-Full_Text.pdf

https://digilib.uin-suka.ac.id/33579/1/14430008_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

KTSP 2022-2023.docx

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Meilany, L., Sri Sulastri, Siti Witianti, & Gigin G K Basar. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR TERHADAP ANAK USIA DINI. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 154–164. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.646