PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR TERHADAP ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.646Keywords:
Peran orang tua, Motivasi, Anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran kunci yang dimainkan oleh orang tua dalam memotivasi dan meningkatkan minat belajar anak usia dini. Anak-anak usia dini adalah kelompok yang sangat rentan dan berpotensi besar dalam pembentukan motivasi belajar mereka. Orang tua, sebagai pemimpin pertama dalam kehidupan anak, memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk persepsi anak terhadap pendidikan. Studi ini melibatkan analisis literatur yang cermat untuk mengungkap bagaimana perilaku, dukungan, dan interaksi orang tua dengan anak-anak mereka dapat mempengaruhi minat belajar mereka. Temuan menyoroti pentingnya dorongan positif, pengawasan yang bijaksana, dan lingkungan belajar yang merangsang dalam mendorong motivasi anak usia dini. Selain itu, peran orang tua dalam memfasilitasi eksplorasi kreatif dan memberikan dukungan emosional yang stabil juga ditekankan. Hasil penelitian ini menggaris bawahi betapa pentingnya peran orang tua dalam membentuk dasar yang kuat bagi pembelajaran seumur hidup anak-anak mereka. Pendidik dan praktisi pendidikan dapat menggunakan wawasan ini untuk kerja sama antara sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan pendidikan yang holistik pada anak usia dini. Kesimpulannya, orang tua memiliki peran utama dalam merangsang minat belajar anak-anak usia dini dan memotivasi mereka untuk mengejar pengetahuan dengan semangat
Downloads
References
Amini, Mukti, and Siti Aisyah. "Hakikat anak usia dini." Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini 65 (2014).
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
http://dr-suparyanto.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-minat.html
Hurlock, B. Elizabeth. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Jaya, I. Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia, 2020. LUBIS, F. E. (2018). Sistem Kompetisi.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Pendidikan, I. (2013). Konsep Dasar Belajar. [Online] Rosdakarya
Sari, Diana. "Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa." In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 2017.
Siti. (2011). Pengertian Belajar [Online].
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutjipto. 2009. Jurnal. http.www.depdiknas.go.id. (diakses tanggal 24 februari 2011)
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, 2016. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika
https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19920-Full_Text.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/33579/1/14430008_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
KTSP 2022-2023.docx