Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.653Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, canva, mahasiswaAbstract
Media pembelajaran memegang peranan penting dalam pembelajaran. Peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi karena media pembelajaran yang interaktif. Mahasiswa Pendidikan Matematika mengetahui bahwa mereka akan meningkatkan keterampilannya dalam menciptakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mereka meminta pelatihan dalam membuat media pembelajaran. Ada beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan, diantaranya adalah Canva. Canva memiliki layanan menu yang banyak untuk membuat materi pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Canva kepada Mahasiswa Pendidikan Matematika untuk meningkatkan keterampilan digital mahasiswa dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif. Metode kerjanya adalah metode pelatihan yang selanjutnya peserta praktik langsung di Canva. Hasil dari kegiatan ini yaitu mahasiswa Pendidikan Matematika dapat menggunakan Canva untuk menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil dilakukan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, Mahasiswa
Downloads
References
Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238
Aprillia, M., Inesia Sri Utami, I., & Keguruan, F. (2022). Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 74(1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn
Dyah Kurnia, E., & Edy Nugroho, Y. (2017). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BAGI GURU BAHASA JAWA SMA DI KABUPATEN REMBANG. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 101–112. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/22
Fahminnansih, F., Rahmawati, E., & Wardhanie, A. P. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51.
Fahrudin, A., & Darussalam Pamungkas, A. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PEMBUATAN E-PRESENTATION DENGAN APLIKASI CANVA FOR EDUCATION. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/batasa/article/view/1251
Nuriyanti, W., & Kholisya, U. (2021). SOSIALISASI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MEDIA INFOGRAFIS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL A’RAF POLTANGAN JAGAKARSA JAKARTA SELATAN. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 40–48. http://www.bps.go.id/
Nurussaniah, N., Anita, A., Boisandi, B., Saputri, D. F., Sukadi, E., Sari, I. N., Matsun, M., Nurhayati, N., Angraeni, L., Hakim, L., & Wahyudi, W. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICT bagi Guru di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 889–896. https://doi.org/10.30653/002.202054.755
Rochmawati, N., Hidayati, H. B., Yamasari, Y., Yustanti, W., Rakhmawati, L., Tjahyaningtijas, H. P. A., & Anistyasari, Y. (2020, October 3). Covid Symptom Severity Using Decision Tree. Proceeding - 2020 3rd International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering: Strengthening the Framework of Society 5.0 through Innovations in Education, Electrical, Engineering and Informatics Engineering, ICVEE 2020. https://doi.org/10.1109/ICVEE50212.2020.9243246
Umbara, U., Rosyid, A., & Setiawan, D. L. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate bagi Guru SMP di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.30653/002.201941.84