Pengembangan Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Olahan Tempe Teri Kering Khas Takkalasi Melalui Pelatihan Packaging & Pemasaran Online
DOI:
https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.660Keywords:
Pengembangan UMKM, Pelatihan Packaging, Pemasaran, Tempe, Teri Kering.Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan produk UMKM olahan ikan kering yang merupakan salah satu potensi terbesar di Kelurahan Takkalasi. Fokus utama dalam pengabdian ini yakni pelatihan packaging dan pemasaran online. Berdasarkan permasalahan ini kelompok KKN dan DPL merumuskan untuk melakukan pelatihan packaging produk, kegiatan promosi dan memperluas pemasaran produk secara offline dan online. Pengabdian ini dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2023 yang bertempat di Kelurahan Takkalasi, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Hasil yang diperoleh adalah memperbaiki hasil packaging UMKM yang kekinian dan disesuaikan permintaan pasar, hasil pelatihan packaging seperti pada teknik packaging olahan tempe teri kering. Hasil lain yang sudah dilakukan adalah memfasilitasi pemasaran di marketplace via instagram, facebook, tokopedia, shopee, dll. Selain itu, antusias tinggi terlihat pada pelaku UMKM yang semakin termotivasi dan berani bersaing dengan produk olahan ikan lain.
Downloads
References
Anggraeni, F. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6), 1286–1295.
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Apriyanto, M. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Pengolahan Komoditas Kelapa. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 179. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.3691
Armstrong, Gary and Adam, Stewart and Denize, Sara and Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson.
Budi, F. S., Herawati, D., Purnomo, J., Sehabudin, U., Sulistiono, ., & Nugroho, T. (2017). Peningkatan Kualitas dan Diversifikasi Produk Ikan Teri untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Saramaake, Halmahera Timur. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.2.89-99
Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan m-commerce pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i2.56-66
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.
Hendrik. (2010). Analisis Usaha Pengolahan Ikan Asin di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 15(1), 83–88.
Herawati, S., Parantika, A., & Afriza, L. (2020). Pelatihan Packaging Produk Unggulan Masyarakat Desa Wisata. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(6), 7–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2707
Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI". JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2722
Patra, I. ketut, & Sabani, N. (2017). Pola Pembinaan Umkm Usaha Pengolahan Ikan Kering Di Kelurahan Ponjalae Tapong Kecamatan Wara Kota Palopo. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 14–18. https://doi.org/10.35906/je001.v6i1.165
Widiyantoro, A. (2019). Peningkatan Perilaku Peduli Hukum Dan Lingkungan Melalui Program Kemitraan Masyarakat Peduli Hukum. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2056
Yulia, Y. A. (2019). IbM Pembentukan Usaha Kelompok Pembuatan Jajanan Pasar dan Wasana Nyata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2), 62–67.