Pengembangan Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Olahan Tempe Teri Kering Khas Takkalasi Melalui Pelatihan Packaging & Pemasaran Online

Authors

  • Nurwati Djam'an Universitas Negeri Makassar
  • Salzhabila Hariwijaya Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Darwis Universitas Negeri Makassar
  • Qur’atul Mutmainnah Universitas Negeri Makassar
  • Qaulan Tsaqila Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.660

Keywords:

Pengembangan UMKM, Pelatihan Packaging, Pemasaran, Tempe, Teri Kering.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan produk UMKM olahan ikan kering yang merupakan salah satu potensi terbesar di Kelurahan Takkalasi. Fokus utama dalam pengabdian ini yakni pelatihan packaging dan pemasaran online. Berdasarkan permasalahan ini kelompok KKN dan DPL merumuskan untuk melakukan pelatihan packaging produk, kegiatan promosi dan memperluas pemasaran produk secara offline dan online. Pengabdian ini dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2023 yang bertempat di Kelurahan Takkalasi, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Hasil yang diperoleh adalah memperbaiki hasil packaging UMKM yang kekinian dan disesuaikan permintaan pasar, hasil pelatihan packaging seperti pada teknik packaging olahan tempe teri kering. Hasil lain yang sudah dilakukan adalah memfasilitasi pemasaran di marketplace via instagram, facebook, tokopedia, shopee, dll. Selain itu, antusias tinggi terlihat pada pelaku UMKM yang semakin termotivasi dan berani bersaing dengan produk olahan ikan lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, F. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6), 1286–1295.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Apriyanto, M. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Pengolahan Komoditas Kelapa. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 179. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.3691

Armstrong, Gary and Adam, Stewart and Denize, Sara and Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson.

Budi, F. S., Herawati, D., Purnomo, J., Sehabudin, U., Sulistiono, ., & Nugroho, T. (2017). Peningkatan Kualitas dan Diversifikasi Produk Ikan Teri untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Saramaake, Halmahera Timur. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.2.89-99

Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan m-commerce pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i2.56-66

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Hendrik. (2010). Analisis Usaha Pengolahan Ikan Asin di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 15(1), 83–88.

Herawati, S., Parantika, A., & Afriza, L. (2020). Pelatihan Packaging Produk Unggulan Masyarakat Desa Wisata. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(6), 7–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2707

Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI". JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2722

Patra, I. ketut, & Sabani, N. (2017). Pola Pembinaan Umkm Usaha Pengolahan Ikan Kering Di Kelurahan Ponjalae Tapong Kecamatan Wara Kota Palopo. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 14–18. https://doi.org/10.35906/je001.v6i1.165

Widiyantoro, A. (2019). Peningkatan Perilaku Peduli Hukum Dan Lingkungan Melalui Program Kemitraan Masyarakat Peduli Hukum. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2056

Yulia, Y. A. (2019). IbM Pembentukan Usaha Kelompok Pembuatan Jajanan Pasar dan Wasana Nyata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2), 62–67.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Djam’an, N., Salzhabila Hariwijaya, Muhammad Darwis, Qur’atul Mutmainnah, & Qaulan Tsaqila. (2023). Pengembangan Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Olahan Tempe Teri Kering Khas Takkalasi Melalui Pelatihan Packaging & Pemasaran Online. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 178–185. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.660