Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pannampu Kota Makassar dalam Mengolah Sampah Anorganic melalui Ecobrick

Authors

  • Sitti Masyitah Meliyana R Universitas Negeri Makassar
  • Zakiyah Mar’ah Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Isbar Pratama Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Nailah Rustam Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.664

Keywords:

Sampah, Limbah, Anorganik, Ecobrick

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan sebuah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat di Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo, Kota Makassar dalam pengelolaan limbah daur ulang anorganik melalui ecobrick. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi limbah anorganik di komunitas setempat, menyediakan edukasi tentang praktik pengelolaan limbah yang berkelanjutan, dan mengajarkan keterampilan ecobrick sehingga mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memilah limbah, mendukung inisiatif pengelolaan sampah yang lebih baik, dan menghasilkan produk daur ulang kreatif yaitu set kursi dan meja yang dapat dimanfaatkan bersama. Hasil dari kegiatan ini menggambarkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan berdampak positif pada lingkungan setempat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan bukti konkrit bahwa kolaborasi antara akademisi dan komunitas lokal dapat menciptakan perubahan yang signifikan dalam pengelolaan limbah daur ulang anorganik serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan yang lebih bersih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nuruzzaman, dkk. (2021). Ecobrick sebagai solusi penanggulangan sampah non-organik rumah tangga di lingkungan sayo baru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 152-157

Himawati, A. (2015). Meng_Ecobrick di Rumah Sendiri. Yogyakarta : Penerbit Kendi Aksara

Suminto, S. (2017). Ecobrick: Solusi Cerdas dan Kreatif untuk Megatasi Sampah Plastik. Productum, 3(1), 26-34

Tarigan L, Yuanita, C.L., & Olga M. (2012). Pegelolaan sampah kreatif. Malang: Rena Cipta Mandiri

Yusiyaka, R., dan Yanti, A. 2021. Ecobrick: solusi cerdas dan praktis untuk pengelolaan sampah plastik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 68-74.

Zulaidah, A., Prasdiantika, R., & Basuki, P. 2022. Pelatihan pembuatan ecobrick di sendangmulyo kecamatan tembalang sebagai alternatif penanganan limbah plastik. Journal of Social Work and Empowerment, 1(3), 31-38.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Meliyana R, S. M., Zakiyah Mar’ah, Pratama, M. I., & Sitti Nailah Rustam. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pannampu Kota Makassar dalam Mengolah Sampah Anorganic melalui Ecobrick. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 198–203. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.664