Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Media Edukasi Lingkungan Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo Kota Makassar

Authors

  • Hardianti Hafid UNM
  • Sitti Masyitah Meliyana R Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Yasir Aras Sanggar Seni Budaya Saorajae

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.689

Keywords:

mural, edukasi lingkungan, daur ulang sampah

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  bertujuan untuk mendorong warga, khususnya warga RW 03 di Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar agar berpartisipasi secara aktif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan pemahaman tentang pentingnya daur ulang sampah. Tim pengabdi bersama komunitas setempat memilih "Kebersihan Lingkungan dan Daur Ulang Sampah" sebagai fokus utama tema kegiatan melalui diskusi, analisis kebutuhan masyarakat dan evaluasi kegiatan. Tim pengabdi menggunakan metode partisipatif untuk membentuk tim pelaksana yang terdiri dari seniman mural, fasilitator, dan sukarelawan warga untuk merencanakan, mendesain, dan melaksanakan mural dengan pesan lingkungan yang kuat. Orang-orang yang ingin berkontribusi secara aktif juga diberi pendampingan tentang proses pembuatan mural ini. Hasil dari kegiatan ini adalah mural yang tidak hanya memperindah lokasi kegiatan, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan penting tentang lingkungan dan daur ulang sampah kepada masyarakat setempat. Evaluasi dan pengawasan terus dilakukan untuk memastikan mural tetap efektif dalam mengedukasi dan menginspirasi tindakan positif terkait lingkungan. Kami berharap pesan lingkungan ini dapat sampai ke lebih banyak orang melalui promosi dan diseminasi yang berkelanjutan. Kegiatan ini  didokumentasikan dan dilaporkan sebagai panduan untuk inisiatif serupa di masa depan, serta dapat menjadi contoh inspiratif bagi komunitas lain yang ingin menggunakan seni mural sebagai media untuk edukasi lingkungan.

Kata Kunci: mural, edukasi lingkungan, daur ulang sampah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gazali, M. (2017). Seni Mural Ruang Publik dalam Konteks Konservasi. Jurnal Imajinasi, XI(1), 69–76.

Listiana I. 2016. Analisis pelaksanaan pendidikan konservasi dengan perilaku peduli lingkungan pada mahasiswa jurusan geografi sebagai kader konservasi [skripsi]. Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.

Meliyana R, S. M., Talib, A., Hafid, H., & Ahmar, A. S. (2023). The Community Empowerment in Managing Inorganic Recycled Waste in Tallo Subdistrict, Makassar city. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.35877/panrannuangku2108Gazali, M. (2017). Seni Mural Ruang Publik dalam Konteks Konservasi. Jurnal Imajinasi, XI(1), 69–76.

Yohana, F. M. (2021). Mural sebagai Media Penyampai Pesan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Semiotika Charles Sanders Pierce. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 1(2), 60–74. https://doi.org/10.30998/g.v1i2.886

Widodo A.S., Yughi S.A, Hanum N., dan Utomo N.A. 2021. Membangun Peran Penting Masyarakat di dalam Pemanfaatan Sampah Sebagai Sumber Daya . Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2(3), 513-521.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Hafid, H., Sitti Masyitah Meliyana R, & Ahmad Yasir Aras. (2023). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Media Edukasi Lingkungan Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 233–239. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.689