Peningkatan Literasi Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan melalui Program Rumah Cerdas Desa Mallongi-Longi

Authors

  • Said Fachry Assagaf Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Alfiah BM Universitas Negeri Makassar
  • Arif Pongsimpin Universitas Negeri Makassar
  • Nurhana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.691

Keywords:

literasi, agama, budaya, kewarganegaraan

Abstract

Program Rumah Cerdas Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan di Desa Mallongi-Longi bertujuan meningkatkan literasi agama, budaya, dan kewarganegaraan dalam masyarakat. Kurangnya pendidikan karakter dan wadah literasi menunjukkan perlunya peningkatan pendidikan di semua generasi. PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM hadir sebagai solusi melalui program ini. Program ini melibatkan kelas, seminar, dan perlombaan dengan fokus pada tiga kegiatan utama: kelas sahabat Qur'ani, kelas budaya dan kewarganegaraan, serta dirgahayuku-17. Dalam waktu 58 hari, program ini melibatkan anak-anak, remaja, dan masyarakat umum Desa Mallongi-Longi. Evaluasi melalui angket menunjukkan respon positif dan harapan akan keberlanjutan program. Program ini berhasil memperluas pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarakat dalam literasi agama, budaya, dan kewarganegaraan. Program Rumah Cerdas Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan ini memberikan solusi konkret untuk meningkatkan literasi di Desa Mallongi-Longi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai sosial, budaya, dan agama, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam membangun lingkungan yang harmonis dan menjaga persatuan dalam kerangka negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Aditya. (2022). Kemdikbudristek Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII. Logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun (Filosofi dan Visualilasi). Diakses 30 Oktober 2022, from: https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2022/08/01/filosofi-dan-visualisasi-logo-hut-ke-77-tahun-kemerdekaan-republik-indonesia/#:~:text=Hari%20Kemerdekaan%20Indonesia%20ke%2D77,dalam%20menghadapi%20tantangan%20yang%20ada.

Arsyad, N., Assagaf, S. F., Alimuddin, A., & Darwis, M. Pelatihan Pembelajaran Matematika Di Era New Normal Bagi Guru Di Kabupaten Bantaeng. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 50-55.

Effendy, M. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kemdikbud.

Ida Ri’aeni. (2018). Universitas Muhammadiyah Cirebon. Kewarganegaraan. Diakses 30 Oktober 2022, from: https://e-learning.umc.ac.id/course/info.php?id=71.

Moore, D. L. (2017). World History Connected. Overcoming Religious Illiteracy: A Cultural Studies Approach. Diakses 30 Oktober 2022, from: https://worldhistoryconnected.press.uillinois.edu/4.1/moore.html.

Munawir, H. M. (2017). Agama dan Keberagaman: Sebuah Klarifikasi Untuk Empati. Jurnal Studi Islam, 9(2), 532.

Sapriadi, dkk. (2022). Program Rumah Cerdas Sebagai Upaya Peningkatan Literasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Mallongi-longi. Universitas Negeri Makassar: Jurusan Matematika.

Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian dan Teknologi”. Jurnal Literasiologi, 157.

Yulianti, K. (2022). Pedoman Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Tahun 2022. Jakarta: Direktorat Belmawa, Kemdikbudrisrek.

Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbudristek.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Fachry Assagaf, S., Nurul Alfiah BM, Arif Pongsimpin, & Nurhana. (2023). Peningkatan Literasi Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan melalui Program Rumah Cerdas Desa Mallongi-Longi. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 248–255. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.691