Pembuatan Briket Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Pertanian Bonggol Jagung di Desa Jompie

Authors

  • Irwan Universitas Negeri Makassar
  • Ja'faruddin Universitas Negeri Makassar
  • Andi Nadiyah Hafid Universitas Negeri Makassar
  • Luthfiyyah Zahrah Arifuddin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ridwan S Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.693

Keywords:

Desa Jompie, Limbah Bonggol Jagung, Briket, Kewirausahaan

Abstract

Desa Jompie, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah dengan potensi yang luar biasa, khususnya dalam hal pemanfaatan jagung. 90% lahan pertanian desa Jompie tertanami oleh jagung. Akan tetapi belum dapat dimaksimalkan dengan baik terutama dalam hal pemanfaatan limbah pertanian bonggol jagungnya. Oleh karena itu mahasiswa KKN-T UNM melakukan kegiatan pembuatan briket limbah pertanian bonggol jagung di desa Jompie. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya dalam pemanfaatan limbah pertanian di desa Jompie melalui pembuatan briket agar dapat meningkatkan perekonomian di desa Jompie. Kegiatan ini menggunkaan metode observasi langsung dengan mengamati halaman rumah dan kebun masyarakat desa Jompie untuk mengetahui permasalahan yang ada. Hasil dari kegiatan ini adalah memberikan penambahan wawasan dan pengetahuan tentang potensi desa Jompie khususnya dalam pemanfaatan limbah bonggol jagung, memberikan ide bisnis untuk dikembangkan, membantu meminimalisir limbah pertanian bonggol jagung, memupuk semangat masyrakat dalam berwirausaha.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Syahrir, dan Swastiani Dunggio. 2020. “Pemanfaatan Komponen Trafo Bekas Charger Handphone Untuk Lampu Darurat.” Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG) 3(2): 58–64.

Faizah, Mazidatul, Achmad Rizky, Ahmad Zamroni, dan Umar Khasan. 2022. “Pembuatan Briket sebagai Salah Satu Upaya Pemanfaatan Limbah Pertanian Bonggol Jagung di Desa Tampingmojo.” Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2): 65–68.

Prambana, Abinda Oksa Syelima; Ariana; Rusdi Piono; Seny Alia Fasyah; Ziqri Yahandi; Sarifuddin; Amelia Aprilianti; Maharani; Marlina; Saprijal. 2022. “Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung Menjadi Produk Bernilai Komersil : ‘ Briket Tongkol Jagung .’” Proseding Seminar Nasional Pengabdian KKN-MAS 1: 188–93.

Saparin, Saparin, dan Eka Sari Wijianti. 2018. “Pemanfaatan Limbah Organik Untuk Pembuatan Briket Sebagai Energi Alternatif Untuk Kebutuhan Masyarakat Di Desa Kulur Ilir Kabupaten Bangka Tengah.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung 3(1): 18–24.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Irwan, Ja’faruddin, Andi Nadiyah Hafid, Luthfiyyah Zahrah Arifuddin, & Muhammad Ridwan S. (2023). Pembuatan Briket Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Pertanian Bonggol Jagung di Desa Jompie. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 256–262. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.693