PENERAPAN E-MODUL MENGGUNAKAN GOOGLE WORKSPACE PADA PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT DI SMA YPS SOROAKO

Authors

  • Ahmad Talib Universitas Negeri Makassar
  • Suradi Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar
  • Nasrullah Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Irsan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.694

Keywords:

Google Workspace, E-Modul, Fungsi Kuadrat

Abstract

Penerapan Google Workspace dengan E-Modul Fungsi Kuadrat Pada Pembelajaran Matematika di SMA YPS Soroako Kabupaten Luwu Timur. Hasil yang dicapai pada pengabdian ini adalah: 1) Hasil respons guru terhadap E-Modul Fungsi Kuadrat diperoleh persentase sebesar 98,86% dengan kategori sangat praktis; 2) Hasil respon peserta didik terhadap E-Modul diperoleh persentase 77,79% dengan kategori baik, dan 3) Hasil belajar peserta didik pada materi Fungsi Kuadrat  diperoleh persentase ketuntasan mencapai 90,63% dengan kategori efektif. Pelatihan ini amat berpotensi menambah pengetahuan mitra, khususnya guru matematika dalam hal membuat dan menerapkan E-Modul pada materi matematika lainnya, dengan menggunakan Google Workspace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Google. 2023. Google Bantuan. Diakses pada 3 Mei 2023, dari https://support.google.com/?hl=id.

Hendra, dkk. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Kemdikbudristek. 2020. Akses Resmi Beragam Teknologi Pendidikan. Diakses pada 5 Juni 2023, dari https://belajar.id/.

Kemdikbudristek. 2022. Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Merdeka. Diakses pada 5 Juni 2023, dari https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824815789465-Kebijakan-Pemerintah-Terkait-Kurikulum-Merdeka.

Kemdikbudristek. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemdikbudristek

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Kristanto, Yosep Dwi, dan Eko Budi Santoso SJ. 2017. Aljabar dan Trigonometri. Sanata Dharma University Press.

Roskaputri, F., Mardiyana, M., & Fitriana, L. 2021. Pengembangan e-modul matematika menggunakan liveworksheets sebagai bahan pembelajaran mandiri pada masa pandemi covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2030-2040.

Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. 2019. Development of e-modules based on local wisdom in central learning model at kindergartens in Jambi city. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137-1143.

Tampomas, Husein. 2003. Himpunan Fungsi Kuadrat. Jakarta: PT Grasindo

Triyono, Slamet. 2021. Dinamika Penyusunan E-Modul. Indramayu: Penerbit Adab.

Turnip, Rumondang Florentina, dan Hari Karyono. 2021. “Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis.” JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 9(2):485–98

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Ahmad Talib, Suradi, Rosidah, Nasrullah, & Muh. Irsan. (2023). PENERAPAN E-MODUL MENGGUNAKAN GOOGLE WORKSPACE PADA PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT DI SMA YPS SOROAKO. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 263–278. https://doi.org/10.35580/jhp2m.v2i2.694