PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIS PENGGUNAAN SITASI ILMIAH MANDELEY PADA MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNM
Kata Kunci:
Program Pascasarjana; Sitasi ilmiah; MendeleyAbstrak
ABSTRAK
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan keterampilan teknis penggunaan sitasi ilmiah mahasiswa semester dua Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, kegiatan hari pertama berfokus pada sosialisasi teknis sitasi ilmiah, sedangkan hari kedua dialokasikan untuk lokakarya praktis. Bagian sosialisasi dilakukan melalui interaktif yang berkaitan dengan garis besar, tahapan penting, dan teknis penggunaan sitasi ilmiah, sementara lokakarya adalah sesi di mana mahasiswa praktik penggunaan sitasi ilmiah. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi semua responden sebelum dan sesudah kegiatan, dan tanggapan mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor pra-partisipasi 1,9 dan skor pasca-partisipasi 4,1 (dari lima). Selain itu, hasil ini juga menunjukkan bahwa 85 persen responden merasa puas dengan jalannya kegiatan dan merasa bahwa informasi baru yang diperoleh akan membantu mereka dalam percepatan penulisan karya ilmiah. Dengan demikian, kegiatan ini efektif membangun pemahaman dan kepercayaan diri dalam menghasilkankan karya ilmiah yang berkualitas tinggi seperti yang diharapkan.
Kata kunci: Program Pascasarjana; Sitasi ilmiah; Mendeley
ABSTRACT
The aim of this community service activity is to improve the technical skills in using scientific citations for students in the second semester of the Makassar State University (UNM) Postgraduate Program. This activity was carried out over two days, the first day's activities focused on disseminating technical guidelines for the use of scientific citations, while the second day was dedicated to practical lokakaryas. The socialization part is carried out through interactive lectures relating to the outline, important stages and techniques of using scientific citations, while lokakaryas are sessions where students practice using scientific citations. Evaluation was carried out using a questionnaire that all respondents filled out before and after the activity, and their responses showed significant improvement, with an average pre-participation score of 1.9and post-participation score of 4.1 (out of five). Apart from that, these results also show that 85 percen respondents were satisfied with the progress of the activity and felt that the new information obtained would help them speed up the writing of scientific papers. Thus, this activity is effective because it builds understanding and confidence in producing high quality scientific work as expected.
Unduhan
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Ambarita, J., & Febrianty, F. (2022). PELATIHAN Dan PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MENDELEY BERBASIS SYNCHRONOUS Dan ASYNCHRONOUS BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no1.79
Anto Patak, A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. In International Journal of Humanities and Innovation (IJHI (Vol. 2, Issue 4).
Aransyah, F., Bharata, W., Aulia, P., Maulidia, A., & R, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. Plakat Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(1), 88. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5848
Athiutama, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Manajemen Referensi Pada Laporan Tugas Akhir Mahasiswa Dengan Metode Ceramah Dan Video Tutorial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 774–781. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.257
Dharyana Suryadijaya1). (2024). 3970-9209-1-SM.
Fetni, Puji Prio Utomo, & Mardiana. (2023). PENGGUNAAN MENDELEY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS SEMBILANBELAS NOVEMBER KOLAKA. Journal Publicuho, 6(3), 839–850. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i3.204
Furco, A. (2010). Furco, A THE ENGAGED CAMPUS: TOWARD A COMPREHENSIVE APPROACH TO PUBLIC ENGAGEMENT.
Indra Pratama, B., Rizki Pratama, M., Putri Sekti Ari, D., Studi Ilmu Perpustakaan, P., Studi Administrasi Publik, P., & Studi Perpajakan, P. (n.d.). Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 43-52 JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Research & Learning in Faculty of Education. ABDIRA, 3.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379. https://doi.org/10.3102/0013189X09339057
Nurbaya. (n.d.). PELATIHAN PENINGKATAN SOFT SKILLS PENGGUNAAN MENDELEY PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS CENDERAWASIH SEBAGAI PENDUKUNG PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SOFT SKILLS IMPROVEMENT TRAINING IN THE USE OF MENDELEY FOR BIOLOGY EDUCATION STUDY PROGRAM FKIP CENDERAWASIH UNIVERSITY AS SUPPORT FOR FINAL PROJECT PREPARATION. http://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/pakdemas
Saudah, S., Zulkarnain, A. I., & Hidayati, S. (2023). Optimalisasi Penggunaan Manajemen Referensi Mendeley Dalam Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(3). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.6887
Suryakant Kale, R. (2023). Zotero and Mendeley: Reference Management Software for Citation. https://libapps-eu.s3.amazonaws.com/accounts/142956/images/reference_mgrs_spider.png
Ulum, M., & Mun’im, A. (2024). Pendampingan Penggunaan Reference Management Software dalam Penyusunan Jurnal dan Karya Ilmiah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 79–86. https://doi.org/10.61231/jp2m.v2i1.211
Yusuf, F. (n.d.). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM) PELATIHAN SITASI UNTUK KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA MENGGUNAKAN MENDELEY REFERENCE. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JPPM
Zuriati, D., Fathira, V., Inggris, S., & Tinggi Bahasa Asing Persada Bunda, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Mendeley dalam Menulis Sitasi dan Referensi dalam Skripsi Mahasiswa. 1(1), 22–32. https://doi.org/10.31849/sociali.v1i1.12641