PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN GAGASAN AWAL PADA MAHASISWA S3 PROGRAM PASCASARJANA UNM MELALUI SOSIALISASI PANDUAN
Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan penulisan gagasan awal mahasiswa semester ketiga Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari, kegiatan untuk hari pertama berfokus pada sosialisasi dan membantu mahasiswa dalam menulis proposal, sedangkan hari kedua didedikasikan untuk lokakarya praktis. Bagian sosialisasi dilakukan melalui kuliah interaktif yang berkaitan dengan garis besar, bagian penting, dan format proposal penelitian, sementara lokakarya adalah sesi di mana mahasiswa menyiapkan proposal awal di bawah pengawasan dosen terkait. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi semua responden sebelum dan sesudah kegiatan, dan tanggapan mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor pra-partisipasi 3,2 dan skor pasca-partisipasi 4,5 (dari lima). Selain itu, hasil ini juga menunjukkan bahwa 85 persen responden merasa puas dengan jalannya kegiatan dan merasa bahwa informasi baru yang diperoleh akan membantu mereka dalam pekerjaan mereka. Dengan demikian, kegiatan ini efektif karena membangun pemahaman dan kepercayaan diri peserta didik dalam menulis proposal awal berkualitas baik seperti yang diharapkan dari mahasiswa oleh para pengawas.
Unduhan
Referensi
Afiah, V. (2023). The Difficulties of Writing a Research Proposal by Students of Stiba Iec Jakarta. Jell (Journal of English Language and Literature) Stiba-Iec Jakarta, 8(01), 135–146. https://doi.org/10.37110/jell.v8i01.177
Agustina, M. W. (2023). Psikoedukasi ‘Kesiapan Anak Masuk Sekolah’. Najwa, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.145
Ali, D. M. A. (2023). Effective Strategies for Crafting Research Proposals in Higher Education. International Journal of Business and Management Research, 11(4), 107–120. https://doi.org/10.37391/ijbmr.110402
Anisa, Z., Setyaningrum, D., & Syihabudin, M. (2024). Pendampingan Digital Marketing Ikm Camil Mashallo Desa Tikusan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Teknik Kimia, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.33005/jatekk.v3i1.63
Ardillah, K. (2023). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Rumah Tangga Di Teluk Jambe. Jiter-Pm, 1(2), 7–17. https://doi.org/10.35143/jiter-pm.v1i2.6007
Caingcoy, M. (2024). Research Capability of Doctoral Students in Utilizing Multivariate Statistics, Writing Research Proposal and Publishable Paper. International Journal of Business Law and Education, 5(2), 2058–2068. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i2.782
Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Pemasaran Kain Songket. Jipemas Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222
Edyyul, I. A. (2023). Edukasi Masyarakat Tentang Layanan Kesehatan Terapi Wicara Di Kota Padang. Jurnal Abdi Mercusuar, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.36984/jam.v3i2.432
Endriyatno, N. C., Rochmawati, R., Hidayah, I., & Khakimah, Z. (2023). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Di Desa Wates, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang Mengenai Penyakit Sendi Dan Pengobatannya. Abdimasku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 181. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.1022
Fitriyani, Z. A. (2024). Peningkatan Partisipasi Masyarakat Peduli Sampah Melalui Pemanfaatan Bank Sampah Wiryoasri. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 659–670. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4388
Jahring, J. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. Gervasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4163
Kalu, O. (2023). Proposal-Grant Writing Skills, a Veritable Tool for Academic Success of Graduate Students. European Journal of Training and Development Studies, 10(2), 33–43. https://doi.org/10.37745/ejtds.2014/vol10n23343
Mali, Y. C. G. (2023). Efl Students’ Challenges in Writing Research Proposals. LLT Journal a Journal on Language and Language Teaching, 26(1), 272–289. https://doi.org/10.24071/llt.v26i1.5296
Maulana, C., Hambali, H., & Akmal, A. (2023). Workshop Tata Bahasa Bagi Guru Di SMK PPM Shadr El-Islam Asahan Dalam Penerapan Karya Ilmiah. Journal of Indonesian Social Society (Jiss), 1(2), 66–71. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.101
Munif, A. (2023). Sosialisasi Pada Remaja Yang Terdampak Sosial Media Terhadap Pergaulan Bebas (Studi Di MTs Al-Ihsan Desa Banjaragung, Bareng, Jombang). Najwa, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.124
Mustaqim, A. H. (2022). Pembelajaran Persuasif Dengan Pendekatan Andragogi Untuk Pelatihan Bahasa Inggris Bagi FKMT Jakarta Pusat. Jurnal Abdimas Komunikasi Dan Bahasa, 2(2), 47–57. https://doi.org/10.31294/abdikom.v2i2.1664
Piryani, R. M. (2023). Training Workshop on Research Proposal Writing for Faculty Members: Assessment of the Feedback of the Participants. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 645–651. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.67909
Pramesti, D. (2023). Pelatihan Pengolahan Permen Madu Kelulut Di Desa Kulur Ilir Sebagai Modal Untuk Berwirausaha Bagi Masyarakat. Akm Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.729
Rasmuin, N. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program KKM UIN Mengabdi. Society Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 103–109. https://doi.org/10.37802/society.v2i2.184
Rohantizani. (2023). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Catimore Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–123. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.151
Rokhani, R., Novikarumsari, N. D., Sofia, S., & Soejono, D. (2022). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Di Desa Gelung, Panarukan, Situbondo. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 494. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7546
Rosmayanti, V., Hasnani, & Monalisa. (2019). The implementation of preview, ask question, read, and summarize strategy in reading class. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 2(3), 37–40.
Solmaz, O. (2021). The Role of a Writing Center in Academic Writing Socialization of Second Language Graduate Students. Acta Educationis Generalis, 11(3), 1–22. https://doi.org/10.2478/atd-2021-0018
Sulolipu, A. A., Rosmayanti, V., Wahid, A., & Ishak, S. (2025). Visual Learning With Canva: Meningkatkan Literasi Digital Siswa Dengan Media Desain Interaktif di SMA 23 Makassar. ABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 56–63.
Sunarmintyastuti, L., Prabowo, H. A., Hermanto, H., Sandiar, L., Suprapto, H. A., Rizkiyah, N., Widiyarto, S., & Abdillah, A. (2021). Penyuluhan Pembelajaran Kewirausahaan Untuk Siswa SMP. Community Development Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 858–864. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2634
Utomo, H. B., Dwiyanti, L., Wati, E. K., Iswantiningtyas, V., & Istifadah, H. (2023). Program Kemitraan Masyarakat Menjadi Orang Tua Ideal Dalam Mendampingi Belajar Anak Pasca Pandemi Covid-19. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 375–384. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2410