HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MIPA SMAN 6 MAKASSSAR
DOI:
https://doi.org/10.35580/jspf.v20i3.5299Keywords:
kemandirian belajar, kesiapan belajar, hasil belajar fisikakemandirian belajar, kesiapan belajar, hasil belajar fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMAN 6 Makassar. Pada penelitian ini, kemandirian dan kesiapan belajar merupakan variabel independent dan hasil belejar fisika peserta didik merupakan variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMAN 6 Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Teknik simple random sampling. Data hasil penelitian yang diperoleh merupakan data primer berupa tes kemandirian belajar peserta didik, kesiapan belajar peserta didik, dan tes hasil belajar fisika peserta didik. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan antara kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,005 dan signifikansi sebesar 0,967; (2) tidak terdapat hubungan antara kesiapan belajar dan hasil belajar fisika peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,032 dan signifikansi sebesar 0,777; (3) tidak terdapat hubungan antara kemandirian belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,055 dan sig.F change sebesar 0,887.
Kata Kunci : kemandirian belajar, kesiapan belajar, hasil belajar fisika
This study aims to determine the relationship between independence and learning readiness towards students’ physics learning outcome at SMAN 6 Makassar. In this study, independence and learning readiness are the independent variables and physics learning outcomes is the dependent variable. The population in this study were student of class X MIPA at SMAN 6 Makassar with a total sample of 82 people. The sampling technique used is simple random sampling technique. The research data obtained are primary data in the form of students' learning independence tests, students' learning readiness, and students' physics learning outcomes tests. Data analysis used the Pearson Product Moment correlation test. This study shows that: (1) there is no relationship between independent learning and students’ physics learning outcomes with a correlation coefficient of 0.005 and a significance of 0.967; (2) there is no relationship between learning readiness and students' physics learning outcomes with a correlation coefficient of 0.032 and a significance of 0.777; (3) there is no relationship between learning independence and learning readiness towards students' physics learning outcomes with a correlation coefficient of 0.055 and a sig.F change of 0.887.
Keywords : learning independence, learning readiness, physics learning outcome
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.