ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Authors

  • Survita Dewi Universitas Negeri Makassar
  • Nurhayati Universitas Negeri Makassar
  • Bunga Dara Amin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35580/jspf.v20i3.5303

Keywords:

fisika, gender, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui hasil belajar fisika kelas XI di SMA Negeri 10 tahun ajaran 2021/2022 khususnya pada materi gelombang pada masing-masing kelas serta menganalisa hasil belajar fisika berdasarkan gender. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memberikan instrumen tes hasil belajar fisika pada seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 10 Makassar yang telah melalui validasi atau penilaian pakar. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar fisika pada materi gelombang. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 10 Makassar tahun 2021/2022 yang berjumlah 252 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar fisika dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan secara daring dengan menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa 6,7% peserta didik berada pada kategori sangat rendah, 30,9% peserta didik berada pada kategori rendah, 39,9% peserta didik berada pada kategori sedang, 18,0 peserta didik berada pada kategori tinggi dan 4,5% peserta didik berada pada kategori sangat tinggi. skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 10 Makassar berada pada kategori sedang. Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki memiliki skor rata-rata hasil belajar sebesar 13,76 dan perempuan sebesar 13,26. Hal ini menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan keduanya berada pada kategori sedang.

Kata Kunci : Fisika, Gender, Hasil Belajar

This research is a survey research using a descriptive quantitative approach. The purpose of this study was to find out the results of learning physics in class XI at SMA Negeri 10 for the 2021/2022 school year, especially in wave material in each class and to analyze physics learning outcomes based on gender. Research data collection was carried out by giving physics learning outcomes test instruments to all class XI students at SMA Negeri 10 Makassar who had gone through expert validation or assessment. The variable in this study is the result of studying physics on wave material. The population in this study were all students in class XI MIPA at SMA Negeri 10 Makassar in 2021/2022, totaling 252 students. The research data were obtained by giving a physics learning achievement test in the form of multiple choice questions. Data collection was carried out boldly using Google Forms. Data analysis techniques using descriptive statistics. Based on the results of data analysis, it was found that 6.7% of students were in the very low category, 30.9% of students were in the low category, 39.9% of students were in the medium category, 18.0 students were in the high category and 4.5% of students are in the very high category. the average score of the physics learning outcomes of class XI MIPA students at SMA Negeri 10 Makassar is in the moderate category. Based on gender, men have an average score of 13.76 and women learning outcomes of 13.26. This shows that both men and women are in the medium category.

Keywords : Physics, Gender, Learning Outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Survita Dewi, Nurhayati, & Bunga Dara Amin. (2024). ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 20(3), 282–289. https://doi.org/10.35580/jspf.v20i3.5303