HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI LUWU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.35580/jspf.v20i3.5304Keywords:
aktivitas belajar, hasil belajar fisika, hubunganAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar fisika, hasil belajar fisika, dan hubungan aktivitas belajar fisika dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri di Luwu Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA di SMAN 3 Luwu Utara, SMAN 4 Luwu Utara, SMAN 8 Luwu Utara, dan SMAN 11 Luwu Utara. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan observasi untuk aktivitas belajar fisika dan tes untuk hasil belajar fisika berupa soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh (1) aktivitas belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri di Luwu Utara berada pada kategori tinggi, (2) hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri di Luwu Utara berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar fisika dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri di Luwu Utara. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar fisika dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri di Luwu Utara memiliki hubungan yang positif dan signifikan.
Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar fisika, hubungan
This research is a survey research that aims to describe physics learning activities, physics learning outcomes, and the relationship between physics learning activities and physics learning outcomes of class XI students of SMA Negeri in Luwu Utara. The population in this study were students of class XI MIPA at SMAN 3 Luwu Utara, SMAN 4 Luwu Utara, SMAN 8 Luwu Utara, and SMAN 11 Luwu Utara. The sample was determined using proportional random sampling technique. The research data obtained by observation for physics learning activities and tests for physics learning outcomes in the form of objective questions. The data analysis technique used is descriptive analysis and inferential analysis, namely product moment correlation. Research result were obtained (1) the physics learning activities of class XI students of SMA Negeri Luwu Utara are in the high category, (2) the physics learning outcomes of class XI students of SMA Negeri Luwu Utara are in the medium category, (3) there is a positive and significant relationship between physics learning activities and physics learning outcomes of class XI students of SMA Negeri in Luwu Utara. Based on the results of the research analysis, it can be concluded that physics learning activities and physics learning outcomes of class XI students of SMA Negeri in Luwu Utara have a positive and significant relationship
Keywords : learning activities, physics learning outcomes, relationship
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.