ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35580/jspf.v20i3.5305Keywords:
Kesulitan, Pemecahan masalah, Masalah Fisika, FisikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam memecahkan masalah fisika serta faktor-faktor penyebabnya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes diagnosa untuk mengetahui tingkat kesulitan peserta didik. Kemudian dari hasil tersebut dipilih 7 peserta didik untuk dilakukan wawancara guna memverifikasi kesulitan peserta didik. Kesulitan pemecahan masalah dianalisis berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan penyelesaian masalah sesuai rencana. Berdasarkan hasil tes diagnosa bahwa peserta didik yang memperoleh skor yang rendah, maka mengalami kesulitan yang tinggi dalam memecahkan masalah fisika. Kesulitan yang dialami peserta didik yaitu; sulit dalam mengidentifikasi sebuah masalah, sulit menentukan rumus/persamaan yang digunakan, sulit menyelesaikan jawaban dengan sempurna. Adapun faktor lain yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan yaitu faktor kognitif siswa, yang meliputi kemampuan mengingat, pemahaman konsep, kemampuan menganalisis peserta didik, faktor non kognitif yang meliputi sikap, minat dan kepribadian, gaya guru mengajar, serta fasilitas dan suasana belajar.
Kata Kunci : Kesulitan, Pemecahan Masalah, Masalah Fisika, Fisika
This research is a descriptive research with a quantitative approach which aims to determine the difficulties of students in physics problem solving and that factors. The data were taken by giving diagnostic test questions to determine the level of difficulty of students. From these results, 7 students were selected to be interviewed to verify their difficulties. Problem solving difficulties were analyzed based on Polya's problem solving steps, that are understanding the problem, devising a plan, and carrying out the plan. Based on the results of the diagnostic test, students who get low scores have high difficulty in physics problem solving . The difficulties experienced by students are; difficult to identify a problem, difficult to determine the formula/equation used, difficult to complete the answer perfectly. As for other factors that cause students to experience difficulties, namely students' cognitive factors, which include memory ability, understanding students concepts, analytical ability. non-cognitive factors which include attitudes, interest and personality, teacher teaching style, and than learning facilities and environtment
Keywords : Difficulty, Problem Solving, Problems of Physics, Physics
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.