EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 17 BONE
DOI:
https://doi.org/10.35580/jspf.v20i3.5318Keywords:
Efektivitas, Google Form dan WhatsappAbstract
Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika secara daring pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 17 Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan dengan pemberian instrumen tes kd 3.9 Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, kepada peserta didik yang pernah mengikuti pembelajaran fisika secara daring dengan menggunakan google form dan whatsapp. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 17 Bone yang telah melakukan pembelajaran fisika secara daring berjumlah 86 orang.Data hasil penelitian melalui metode survei dianalisis menggunakan statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat 3 atau 3,49% peserta didik memperoleh nilai yang berada di kategori sangat efektif, 10 atau 11,62 peserta didik dengan nilai berada pada kategori efektif, dan 18 atau 20,93% peserta didik berada pada kategori cukup efektif. Sedangkan sebaran nilai terbanyak berada pada rentang skor 21-40 kategori tidak efektif yaitu sebanyak 38 atau 44,19% peserta didik, diikuti sebaran nilai terbanyak kedua berada pada kategori cukup efektif yaitu 18 atau 20,93% peserta didik. Berdasarkan hasil belajar diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika secara daring pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 17 Bone berada pada kategori tidak efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, Google Form dan Whatsapp
This study was conducted to determine the effectiveness of online physics learning in class X students at SMA Negeri 17 Bone. This type of research is descriptive quantitative research using survey methods. This research was conducted by giving the kd 3.9 test instrument. Analyzing the concepts of energy, work (work), business relations (work) and energy changes, the law of conservation of energy, and its application in everyday life, to students who have attended online physics lessons with using google forms and whatsapp. The population in this study were all students of class XI MIPA at SMA Negeri 17 Bone who had conducted online physics learning totaling 86 people. who are in the very effective category, 10 or 11.62 students with scores are in the effective category, and 18 or 20.93% of students are in the moderately effective category. Meanwhile, the distribution of the highest scores was in the score range of 21-40 in the ineffective category, namely 38 or 44.19% of students, followed by the distribution of the second highest score in the quite effective category, namely 18 or 20.93% of students. Based on the results of the study above, it can be concluded that the results of online physics learning in class XI students of SMA Negeri 17 Bone are in the ineffective category.
Keywords: Effectiveness, Google Form and Whatsapp
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.