Analisis Efektivitas Mixed-Mode Learning dalam Menjawab Tantangan Era Metaverse pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Authors

  • Wahyu Hidayat M Universitas Negeri Makassar
  • M Syahid Nur Wahid Universitas Negeri Makassar
  • Fauziah Fauziah Universitas Negeri Makassar
  • Sul Fitriana Universitas Negeri Makassar
  • Al Hikma Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Efektivitas, Inovatif, Artificial Intelligence, Mixed-Mode Learning, Metaverse

Abstract

Peningkatan teknologi dan perkembangan media digital telah membawa dampak signifikan pada dunia pendidikan, terutama dalam menghadapi tantangan era Metaverse. Metaverse menuntut adopsi pendekatan pembelajaran inovatif guna memenuhi kebutuhan mahasiswa yang semakin beragam dan dinamis. Salah satu pendekatan yang muncul sebagai solusi adalah Mixed-Mode Learning, yang mengintegrasikan pembelajaran daring dan tatap muka. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Mixed-Mode Learning sebagai metodologi pembelajaran campuran dalam menjawab tantangan era Metaverse, khususnya pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Metodologi penelitian ini melibatkan pengumpulan data kualitatif melalui penyebaran angket (Kuesioner) terhadap mahasiswa yang mengikuti program Mixed-Mode Learning pada Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Mixed-Mode Learning secara positif memengaruhi efektivitas pembelajaran, memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dan dosen, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dalam konteks Metaverse. Oleh karena itu, artikel ini menyajikan temuan-temuan yang mendukung penggunaan Mixed-Mode Learning serta implikasi praktis dan saran untuk pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan penerapan Mixed-Mode Learning di lingkungan pendidikan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supangat, M. Z. bin Saringat, and R. Koesdijarto, “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa,” Konf. Nas. Ilmu Komput., pp. 270–279, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64

Y. Jin and S. Misra, “Controlling mixed-mode fatigue crack growth using deep reinforcement learning,” Appl. Soft Comput., vol. 127, 2022, doi: 10.1016/j.asoc.2022.109382.

A. Arly, N. Dwi, and R. Andini, “Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A,” pp. 362–374, 2023.

N. Nur Angriani, K. Nur Fatin, and T. P. Y. Tiffany, “The Use of Canva as Learning Medium of MPU12012 Entrepreneurship,” Borneo Eng. Adv. Multidiscip. Int. J., vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2022.

J. R. Gultom, D. Sundara, and M. D. Fatwara, “Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta,” Mediastima, vol. 28, no. 1, pp. 11–22, 2022, doi: 10.55122/mediastima.v28i1.385.

Yusnidar, Y. and Syahri, W. (2022). Implementasi microlearning berbasis case study terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 71-77. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530

Hasibuan, S. (2020). Pengaruh metode pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan bahasa inggris. Bahas, 31(4), 259. https://doi.org/10.24114/bhs.v31i4.22254

Abraham, J. and Gultom, J. (2023). Gereja metaverse: memetakan tantangan dan peluang gereja di era post-digital. Kurios, 9(1).

https://doi.org/10.30995/kur.v9i1.488

H, H., Khaerah, A., & Ulfa, A. (2021). Efektivitas pembelajaran daring zoom, google classroom, whatsapp selama pandemik di universitas muhammadiyah bulukumba. Sainsmat Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(2), 152. https://doi.org/10.35580/sainsmat102262192021

Kholipah, N., Arisanty, D., & Hastuti, K. (2021). Efektivitas penggunaan e-learning dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 7(2). https://doi.org/10.20527/jpg.v7i2.10206

Zhao, D. (2022). Systematic mode construction of mixed teaching from the perspective of deep learning. Mathematical Problems in Engineering, 2022, 1-11. https://doi.org/10.1155/2022/7104587

Bahri, A., Hidayat M, W., Putra, K.P., Ainun, N.A., & Arifin, N. (2024). The relationship between students’ perception to the learning media, digital literacy skills, and self-regulated learning with students’ learning outcomes in the rural area. Journal of Technology and Science Education, 14(2), 588-606. https://doi.org/10.3926/jotse.2513

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). Pengaruh Blended Learning Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Isma, A., Syarif, A. A., Nur Ananda, A. F., & Halfis, R. H. Muh. Juharman, & M. Miftach Fakhri.(2023). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 11-16.

Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., & Hidayat, A. (2022). PENGARUH MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 670-684.

Fakhri, M. M., Awalia, R., Safii, J. A., Gunawan, N. N., & Fadhilatunisa, D. (2023). HUBUNGAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN KEPUASAN DAN KECEMASAN BELAJAR ONLINE MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Pendidikan Terapan, 53-62.

Machmud, M. T., & Fakhri, M. M. Indonesia Teacher Competencies in Integrating Information and Communications Technology for Education. Athens Journal of Technology & Engineering, 331.

Fakhri, M. M., Andayani, D. D., Kaswar, A. B., Adistia, A. Z., & Fadhilatunisa, D. (2023). Dampak Penerapan Flipped Classroom Terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 9(2), 127-138.

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566-575.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Hidayat M, W., Wahid, M. S. N., Fauziah, F., Fitriana, S., & Al Hikma. (2024). Analisis Efektivitas Mixed-Mode Learning dalam Menjawab Tantangan Era Metaverse pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar . Jurnal MediaTIK, 7(2), 118–125. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/MediaTIK/article/view/2189

Issue

Section

Articles