Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran Praktik Instalasi Listrik

Authors

  • Riana T. Mangesa Universitas Negeri Makassar
  • Hilda Ashari Universitas Negeri Makassar
  • Elfira Makmur Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.641

Keywords:

Hasil Belajar, Model PJBL, Aktivitas Belajar, Respon Pengguna

Abstract

Kajian difokuskan pada penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui pembelajaran praktik instalasi listrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model PjBL dan untuk mendeskripsikan; (1) hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model PjBL; (2) aktivitas belajar kelompok eksperimen yang menggunakan model PjBL dan (3) tanggapan pengguna model PjBL. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan postest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang telah memilih mata kuliah praktik instalasi listrik tahun ajaran 2022-2023. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil belajar mahasiswa meningkat; (2) rata-rata aktivitas belajar kelompok eksperimen sebesar 85,84% dan (3) tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan model PjBL rata-rata sebesar 90,71%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, Rima, and Dwi Wulandari. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang.” Jurnal Pendidikan Edutama 8 (1): 13.https://doi.org/-10.30734 /jpe.v8i1.1363.

Pavlova, Margareta. (2009). Technology and vocational education for sustainable development empowering individuals for the future. Australia: Springer Science+Business Media B.V

Widiawati dkk. (2018). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Abad 21 ( Pre Research ). (Online), Vol.4, No.1, https://scholar.google.co.id

Global SchoolNet. (2000). Introduction to Networked Project-Based Learning. diakses 20 Maret 2023 http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm

Muskania & Wilujeng. (2017). Proyek Pengembangan Perangkat Pembelajaran Based Learning untuk Membekali Fundational Knowledge dan Meningkatkan Literasi Ilmiah. (Online ), Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, Th. XXXVI, No.1

Sitaresmi, K. S., & Saputro, S. (2017). Penerapan PjBL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali. Pendidikan Kimia, 6(1).

Millar, R. (2001). Teaching and learning science through practical work. Makalah disajikan dalam seminar Nordlab-DK, di Copenhagen.

Fakhri, M. M., Andayani, D. D., Kaswar, A. B., Adistia, A. Z., & Fadhilatunisa, D. (2023). Dampak Penerapan Flipped Classroom Terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 9(2), 127-138.

Johar & Hanum (2016) Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Grup Penerbit CV Budi Utama.

Rusman. [2017]. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kecana.

Light, Cox & Calkins. (2009). Learning and teaching in higher education. London: SAGE Publications Ltd.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. 2015. Menguasai SPSS 22From Basic to ExpertSkills.Jakarta : Elex Media Computindo.

Amanda, N. W. Y., dkk. (2014). Pengaruh Model PjBL terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Machmud, M. T., & Fakhri, M. M. Indonesia Teacher Competencies in Integrating Information and Communications Technology for Education. Athens Journal of Technology & Engineering, 331.

Andriyati, S., & Kuswarini, P. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning. Geoducation Journal Of Geography Education Universitas Siliwangi, 1(1), 28-34.

Vioreza dkk., (2020). Call For Book Tema 4 (Model & Metode Pembelajaran). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Lubis, N., & Lubis, A. (2021). Project-Based Learning untuk Peningkatan Keterampilan Komunikasi di Era Digital. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Hartono & Aisyah. (2019). Penerapan Model PjBL Terhadap Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Geografi di Universitas PGRI Palembang. Jurnal Gogreafi dan Pembelajaran Geografi. (Online), Vol.4, No.1, http://dx.doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2659

Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., & Hidayat, A. (2022). PENGARUH MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 670-684.

Kusadi, N. M. R., dkk. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial dan Berpikir Kreatif. TSCJ-Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27.

Downloads

Published

2023-07-29