Pengembangan Nilai Kearifan Lokal dalam Penguatan Kebhinekaan Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar di Kabupaten Sinjai
DOI:
https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i1.1289Keywords:
pengembangan, kearifan lokal, kebhinekaan, PAUD, pendidikan dasarAbstract
Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal dalam penguatan kebhinekaan di sekolah. Peserta pelatihan adalah guru pada jenjang TK/PAUD, SD dan SMP se-Kabupaten Sinjai. Pelatihan dilaksanakan pada Tanggal 8 Desember 2023 di Hotel Sanjaya Kabupaten Sinjai. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah, diskusi dan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Setelah mengikuti pelatihan ini, maka peserta diharapkan mampu memahami pentingnya menerima perbedaan, mampu menganalisis jenis-jenis kerentanan, dan implikasinya terhadap kebinekaan, serta mampu memberikan contoh lewat tindakan praktik kebinekaan. Peserta pelathan mampu menganalisis keragaman apakah yang dimiliki oleh sekolah, praktik-praktik apa sajakah yang dilakukan di sekolah yang mencerminkan penghargaan untuk keragaman serta tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan budaya damai dan toleransi di sekolah dan bagaimana mengatasinya.
Downloads
References
Arifian, D. A., Mila W. N. F., & Anis F, Z. Menerapkan Sikap dan Perilaku yang Berprinsip pada Bhinneka Tunggal Ika di Era 4.0 dalam Pembelajaran K13 di MI/SD Kelas IV. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 86-99.
Fristy, A., F. L. Munawiroh., T. Rustini. 2023. Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal. VO.4 NO.1. halaman 135-145.
Indriani, E. (2019). Modernisasi Dan Degradasi Moral Remaja (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan). UIN Raden Intan Lampung.
Maghfirani, R. T. 2023. Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Vol. 1 No. 5. Halaman 100-108. DOI: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327
Nurnazhiifa, K., & A. Dewi, D. (2021). Ppkn Sebagai Tonggak Rasa Patriotisme Dan Nasionalisme Berkaitan Dengan Identitas Nasional Bangsa Indonesia. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 67–79.
Saputro, R. A. (2022). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional …, November, 37–45.
Setyaningsih, U., & Setyadi, Y. B. (2019). Implementasi nilai-nilai bhineka tunggal ika pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 surakarta pada tahun pelajaran 2016/2017. Civics Education and Social Science Journal, 1(1).
Sumanti, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 45-50.
Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, M., & Dewi, N. P. (2022). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4 . 0. Prosiding Semdikjar, 5, 735–739.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Patang Makkunessa, Subariyanto, Andi Puspa Sari, Nurjannah Bando, Yuniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.