Pengembangan Nilai Kearifan Lokal dalam Penguatan Kebhinekaan Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar di Kabupaten Sinjai

Authors

  • Patang Universitas Negeri Makassar
  • Subariyanto Universitas Negeri Makassar
  • Andi Puspa Sari Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Nurjannah Bando Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Yuniarti Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i1.1289

Keywords:

pengembangan, kearifan lokal, kebhinekaan, PAUD, pendidikan dasar

Abstract

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal dalam penguatan kebhinekaan di sekolah. Peserta pelatihan adalah guru pada jenjang TK/PAUD, SD dan SMP se-Kabupaten Sinjai. Pelatihan dilaksanakan pada Tanggal 8 Desember 2023 di Hotel Sanjaya Kabupaten Sinjai. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah, diskusi dan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Setelah mengikuti pelatihan ini, maka peserta diharapkan mampu memahami pentingnya  menerima perbedaan, mampu menganalisis jenis-jenis kerentanan, dan implikasinya terhadap  kebinekaan, serta mampu memberikan contoh lewat  tindakan praktik kebinekaan. Peserta pelathan mampu menganalisis keragaman apakah yang dimiliki oleh sekolah, praktik-praktik apa sajakah yang dilakukan di sekolah yang mencerminkan penghargaan untuk keragaman serta tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan budaya damai dan toleransi di sekolah dan bagaimana mengatasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifian, D. A., Mila W. N. F., & Anis F, Z. Menerapkan Sikap dan Perilaku yang Berprinsip pada Bhinneka Tunggal Ika di Era 4.0 dalam Pembelajaran K13 di MI/SD Kelas IV. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 86-99.

Fristy, A., F. L. Munawiroh., T. Rustini. 2023. Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal. VO.4 NO.1. halaman 135-145.

Indriani, E. (2019). Modernisasi Dan Degradasi Moral Remaja (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan). UIN Raden Intan Lampung.

Maghfirani, R. T. 2023. Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Vol. 1 No. 5. Halaman 100-108. DOI: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327

Nurnazhiifa, K., & A. Dewi, D. (2021). Ppkn Sebagai Tonggak Rasa Patriotisme Dan Nasionalisme Berkaitan Dengan Identitas Nasional Bangsa Indonesia. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 67–79.

Saputro, R. A. (2022). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional …, November, 37–45.

Setyaningsih, U., & Setyadi, Y. B. (2019). Implementasi nilai-nilai bhineka tunggal ika pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 surakarta pada tahun pelajaran 2016/2017. Civics Education and Social Science Journal, 1(1).

Sumanti, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 45-50.

Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, M., & Dewi, N. P. (2022). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4 . 0. Prosiding Semdikjar, 5, 735–739.

Published

2024-01-31

How to Cite

Patang, Subariyanto, Andi Puspa Sari, Nurjannah Bando, & Yuniarti. (2024). Pengembangan Nilai Kearifan Lokal dalam Penguatan Kebhinekaan Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar di Kabupaten Sinjai. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i1.1289

Issue

Section

Articles