Pelatihan Simple Past Tense dengan Penulisan Recount Text di SMA Dharma Bakti 3 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i1.1426Keywords:
Bahasa Inggris, Pelatihan, Recount Text, Simple Past Tense, SMAAbstract
Bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi secara global. Penguasaan bahasa Inggris sangatlah diperlukan baik aktif maupun pasif. Salah satu keterampilan bahasa Inggris yang penting adalah tenses. Simple Past Tense menjadi salah satu tenses yang sulit dipelajari karena penggunaan kata kerja beraturan dan tidak beraturan. Selain tenses, penguasaan penulisan teks diperlukan. Recount Text digunakan untuk menuliskan kegiatan di masa lampau. Penulisan recount text dengan menggunakan Simple Past Tense. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Simple Past Tense dan penulisan Recount text. Metode dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan pelatihan. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta pelatihan dapat memahami dengan baik mengenai Simple Past Tense dengan membuat kalimat Simple Past Tense dengan tepat. Evaluasi dilaksanakan dengan membagikan kuesioner setelah pelatihan. Peserta pelatihan juga memahami penulisan recount text beserta tahapan penulisan yang tepat. Kegiatan pelatihan selanjutnya dapat berfokus pada pelatihan tenses dan jenis teks yang lain.
Downloads
References
Iswari, F., Rahman, F., & Kurniasih, P. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Simple Past Tense Pada Kegiatan Menulis Recount Text Mahasiswa Dkv Unindra. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i1.23
Lubis, R. F. (2014). Simple Past Tense in Recount Text. English Education, 01(01), 33–46. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/121
Melalolin, L. M., Hartini, N. M. S. A., & Mahayanti, N. W. S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 37–44. https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27825
Mubasyira, M. (2017). Analisa Kesalahan Penggunaan Simple Past Tense pada English Narrative Composition SMPN 1 Bojong Gede. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 69–77.
Polim, H., Silitonga, F., & Zakrimal, M. (2018). The Simple Past Tense Understanding in SMA Maitreyawira Batam. Basis: Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris, 5(1), 21–38. https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i1.422
Pratiwi, A. E., Anwar Korompot, C., & Tahir, M. (2022). Learning the Simple Past Tense in Narrative Texts: A Study of the Difficulties Experienced by Year 11 High School Students. Journal of Excellence in English Language Education, 1(2), 108–117.
Setiani, N., & Saragih, G. (2020). The Use of Simple Past Tense and Conjunctions in the Indonesian High-School Students ’ Writings. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 3(2), 105–114.
Sugianto, R., Wahyuningsih, B. Y., & Wardiningsih, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Kalimat Simple Past Tense Menggunakan Media Flashcard Bagi Mahasiswa Manajemen Administrasi Dan Komputerisasi Akuntansi. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1300
Suhaimi. (2016). Teaching Writing Skill on Recount Text Based on Brainstorming in the Classroom. Ta’dib, 19(1), 23–30. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.448
Sulastri. (2022). Kemampuan Menulis Recount Text Menggunakan Teknik Picture Series pada Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 308–313. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm
Widiningrum, R., Maria Luki Astuti Fajarini, S., FanggidaE, E., & Maria Sri Darta, D. (2022). Pemberdayaan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris pada Siswa SMP melalui Recount Text Writing. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 51–64. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7506/2337
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Paskalina Widiastuti Ratnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.