Sosialisasi Penggunaan Virtual Reality Box sebagai Inovasi Pembelajaran berbasis Virtual 3D di SMK Negeri 1 Bone.
DOI:
https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.4560Keywords:
Virtual Reality, Inovasi Pembelajaran, Teknologi, Keterlibatan Siswa, Media PembelajaranAbstract
Sosialisasi penggunanaan Virtual Reality Box di SMK Negeri 1 Bone bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai inovasi teknologi yang semakin berkembang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 26 Juli 2024 melalui demonstrasi dan pelatihan langsung. Peserta didik dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam. Hasil dari evaluasi yang dilakukan setelah pengabdian ini menunjukkan bahwa Virtual Reality berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konseptual, dan minat belajar. Alat Virtual Reality Box memiliki potensi besar sebagai alat pembelajaran yang inovatif. Namun, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk menyediakan perangkat dan konten yang lebih memadai. Diharapkan hadirnnya Virtual Reality dalam pembelajaran memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di Indonesia.
Downloads
References
Ariatama, Soni et al. 2021. “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik.” In Semnas FKIP 2021, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung16 Februari 2021, Bandar Lampung.,.
Dalgarno, Barney, John Hedberg, and Barry Harper. 2002. “The Contribution of 3D Environments to Conceptual Understanding.” In Annual Conference of the Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, UNITEC Institute of Technology, 1–10.
Ernawati, Andi et al. 2024. “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Dalam Pembelajaran Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Rumah Tik Labuhanbatu.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG) 4(1): 5–9.
Iskandar, Akbar et al. 2023. Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Mahmud, Saifudin, and Muhammad Idham. 2017. Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Haristo Rahman, Amiruddin Amiruddin, Muhammad Hasim, Rafsanjani Supardi, Wirawan Setialaksana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.