Integrasi Sistem E-Commerce dengan Virtual Reality untuk Penyewaan Penginapan di Tempat Wisata Pantai Desa Bira

Authors

  • Kurnia Prima Putra Universitas Negeri Makassar
  • Satria Gunawan Zain Universitas Negeri Makassar
  • Marwan Ramdhany Edy Universitas Negeri Makassar
  • Sanatang Sanatang Universitas Negeri Makassar
  • Wahyu Hidayat M Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.5101

Keywords:

Pariwisata Digital, Virtual Reality, E-commerce, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Bira

Abstract

Pengelolaan pariwisata di Desa Bira, Sulawesi Selatan, menghadapi tantangan besar dalam mengoptimalkan pemesanan dan pemasaran penginapan yang masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menghambat akses calon wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah, dalam memperoleh informasi akomodasi yang jelas dan terpercaya. Untuk mengatasi permasalahan ini, program pengabdian masyarakat dilakukan dengan menerapkan sistem e-commerce yang terintegrasi dengan fitur Virtual Reality (VR) pada platform pemesanan penginapan di Desa Bira. Teknologi VR memungkinkan wisatawan untuk melihat pratinjau penginapan secara virtual, memberikan pengalaman yang realistis sebelum melakukan pemesanan. Selain itu, masyarakat lokal diberikan pelatihan intensif dalam mengelola platform, mengunggah, dan memperbarui konten VR secara mandiri. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat keterisian kamar, kepercayaan wisatawan, dan pendapatan masyarakat lokal. Implementasi sistem ini juga berhasil memberdayakan masyarakat Desa Bira dalam menggunakan teknologi digital, memperkuat daya saing pariwisata, dan mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan adanya platform ini, diharapkan Desa Bira dapat menarik lebih banyak wisatawan dan terus berkembang sebagai destinasi wisata yang modern dan inklusif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buhalis, D., & Sinarta, Y. (2019). Real-time co-creation and nowness service: Lessons from tourism and hospitality. Journal of Travel & Tourism Marketing, 36(5), 563-582. https://doi.org/10.1080/10548408.2019.1592059

Guttentag, D. A. (2010). Virtual reality: Applications and implications for tourism. Tourism Management, 31(5), 637-651. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.07.003

Ibrahim, R., Shariff, A. R. M., & Ahmad, M. S. (2017). Virtual reality applications in tourism industry. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 11(7), 44. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i7.7634

Roberts, M. (2022, January 13). VR visuals boost hotel website conversions. Travel Tripper. Retrieved from https://www.traveltripper.com/blog/vr-visuals-boost-hotel-website-conversions

Statista. (2021). Impact of VR viewers on consumers' booking decision for hotels worldwide 2019. Statista. Retrieved from https://www.statista.com/statistics/1173175/hotel-booking-vr-viewers-impact-worldwide/

UNWTO. (2019). Online guest reviews and hotel classification systems: An integrated approach. Retrieved from https://www.e-unwto.org/doi/book/10.18111/9789284420605

Wang, D., Li, X. R., & Li, Y. (2019). China's "smart tourism destination" initiative: A taste of the service-dominant logic. Journal of Destination Marketing & Management, 8, 213-223. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2017.10.002

Ye, B. H., Ye, H., & Law, R. (2020). Systematic review of smart tourism research. Journal of Travel & Tourism Marketing, 37(4), 451-464. https://doi.org/10.1080/10548408.2020.1760194

Published

2024-09-25

How to Cite

Putra, K. P., Zain, S. G., Marwan Ramdhany Edy, Sanatang, S., & M, W. H. (2024). Integrasi Sistem E-Commerce dengan Virtual Reality untuk Penyewaan Penginapan di Tempat Wisata Pantai Desa Bira. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 169–174. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.5101