PKM Harmoni Religi, Edukasi, dan Keterampilan bagi Anak Anak Mirah Seruni Makassar

Authors

  • Andi Akram Nur Risal Universitas Negeri Makassar
  • Alifya NFH Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akbar Universitas Negeri Makassar
  • Andi Baso Kaswar Universitas Negeri Makassar
  • Dewi Fatmawati Surianto Universitas Bakrie

DOI:

https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.5347

Keywords:

Religi, Agama, Edukasi, Keterampilan

Abstract

Kampung Mirah Seruni adalah komunitas di mana sebagian besar penduduknya tidak bekerja dan sebagai ojek online atau pemulung sampah untuk dijual atau didaur ulang. Kehidupan di Kampung Mirah Seruni sering kali diwarnai oleh tantangan sosial, ekonomi, dan kesehatan. Mereka menghadapi keterbatasan akses terhadap layanan dasar seperti pendidikan yang terabaikan dan kesehatan yang diabaikan. Untuk mengatasi masalah di Kampung Mirah Seruni, pendidikan dan pengembangan keterampilan memegang peran penting. Penyediaan pendidikan formal yang berkualitas dan pusat pendidikan di Kampung Mirah Seruni dapat memberikan akses pendidikan sementara kepada anak-anak dan remaja. Selain itu, program pelatihan keterampilan dapat membantu meningkatkan keterampilan masyarakat setempat. Selain pendidikan formal dan pelatihan keterampilan, kegiatan sosial seperti ice breaking, games, dan penghargaan kepada peringkat pertama dapat digunakan sebagai metode untuk memotivasi dan melibatkan masyarakat Kampung Mirah Seruni dalam proses pembelajaran. Serta Kegiatan keagamaan selama bulan ramadan, juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat pendidikan dan nilai-nilai keagamaan di Kampung Mirah Seruni. Kegiatan seperti ceramah agama, lomba adzan, menghafal surah pendek, dan dongeng. Kegiatan ini dapat mempererat kepedulian sosial dapat membantu memperkuat ikatan komunitas dan memberikan nilai-nilai positif kepada masyarakat Kampung Mirah Seruni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadi, A. S. M., Hasan, S., Rifanto, N. A., Wildan, M., Afifah, N. Q., & Nisak, N. M. (2023). Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan. Educatio, 18(1), 161–171.

Ari Shandy, H. D., & S. Ag, S. (2022). Kajian Sosiologi Tingkat Kesadaran Pendidikan pada Masyarakat Kampung Pemulung Kledokan Yogyakarta. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 9744–9751. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3147

Arni, A., Yahya, M., Wardah, W., Sabriani, S., Yasin, F., Astuti, R., Azizah, S. N., & Hasmayanti, H. (2023). Training and coaching of public speaking skills for elementary school children in Makassar City. Community Empowerment, 8(11), 1678–1685. https://doi.org/10.31603/ce.9315

Fadillah, N., Waruwu, A. R. S., & Kurniawan, E. D. (2024). IDENTIFIKASI PENYEBAB PERMUKIMAN KUMUH DI KAWASAN PERKOTAAN DALAM NOVEL DUBLINERS JAMES JOYCE (1914). Sabda: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 3(1), 13–20.

Fasha, N. (2024). Peran Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Komunitas Ibu-ibu di Kampung Pemulung Pondok Labu Jakarta Selatan. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Lasaiba, M. A. (2024). Permukiman Kumuh: Menguak Masalah Dan Tantangan Perkotaan. JENDELA PENGETAHUAN, 17(1), 22–33.

Marys, H. (2024). PENGEMIS SEBAGAI AKTOR SOSlAL: STUDI TENTANG PENGGUNAAN IMPRESSION MANAGEMENT PADA KALANGAN PENGEMIS DI KOTA BOGOR. Universitas Nasional.

Tiara, D. R., & Safira, A. R. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dengan Tingkat Ekonomi Rendah Di Kota Surabaya. Jurnal Golden Age, 7(1).

Yadnyawati, I. A. G., Winarti, N. N. S., Seniwati, D., Ngurah, I. G. A., & Surawati, N. M. (2023). Peranan Keluarga Menciptakan Lingkungan Sehat Bagi Anak. Jurnal Widya Biologi, 91–102.

Published

2024-09-26

How to Cite

Risal, A. A. N., NFH, A., Akbar, M., Kaswar, A. B., & Surianto, D. F. (2024). PKM Harmoni Religi, Edukasi, dan Keterampilan bagi Anak Anak Mirah Seruni Makassar. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 175–180. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.5347