Pendampingan Digitalisasi Kelompok Tani Tambak dalam Promosi Produk Melalui Media Sosial E-Commerce

Authors

  • Muhammad Riska Universitas Negeri Makassar
  • Hilda Ashari Universitas Negeri Makassar
  • Akhyar Muchtar Universitas Negeri Makassar
  • Veronika Asri Tandirerung Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Iswal Burhan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.5493

Keywords:

Petani Tambak, Pemasaran Produk Tambak, E-Commerce, Pelatihan dan Pendampingan, Digitalisasi

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani tambak di Desa Bonto Manai melalui pemanfaatan teknologi e-commerce. Masalah utama yang dihadapi petani adalah terbatasnya akses pasar dan fluktuasi harga yang merugikan. Melalui pelatihan dan pendampingan, petani dilatih untuk menggunakan platform Shopee dalam memasarkan produk perikanan mereka. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan petani tentang e-commerce dan minat untuk memanfaatkan platform ini. Adapun kendala utama yang dihadapi adalah terbatasnya pengetahuan dasar digital di daerah tersebut sehingga tim perlu memberikan pendekatan lebih personal untuk memastikan peserta mampu memahami. Meskipun demikian, kegiatan ini memberikan bukti bahwa digitalisasi pemasaran dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan petani tambak. Kegiatan pengabdian ini merekomendasikan perluasan program literasi digital bagi petani tambak serta dukungan pemerintah dalam penyediaan infrastruktur digital yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelinda, C., Werorilangi, S., Burhanuddin, A. I., & Tahir, A. (2021). Occurrence of microplastic particles in Milkfish (Chanos chanos) from brackishwater ponds in Bonto Manai Village, Pangkep Regency, South Sulawesi, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 763(1), 012058. https://doi.org/10.1088/1755-1315/763/1/012058

Asni, A., Kasmawati, K., & Hamsiah, H. (2022). PKM KELOMPOK PENGOLAH BANDENG PRESTO DI KABUPATEN PANGKEP. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KAUNIAH , 1(1).

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Produksi Perikanan Menurut Subsektor (ribu ton). Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/1/MTcxMSMx/Produksi-Perikanan-Menurut-Subsektor-Ribu-Ton-1999-2020-.Html.

Bintang, R., & Aisyah, S. (2023). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Terhadap Produk Herbal Untuk Peningkatan Profit Pt. Penawar Legenda Maju. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9554–9562.

Ernaningsih, E., Kasmawati, K., & Ilmiah, I. (2023). PKM PENGOLAHAN ABON TULANG IKAN BANDENG PADA KELOMPOK WANITA TAMBAK DI DESA TAMANGAPA KECAMATAN MA ’ RANG KABUPATEN PANGKEP (PKM Processing Shredded Milkfish Bones in Pond Women’s Group in Tamangapa Village, Ma’rang District, Pangkep Regency). JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KAUNIAH , 1(2), 153–159.

Food and Agriculture Organization of The United Nations. (2024). Global Aquaculture Production 1950-2021. Https://Www.Fao.Org/Fishery/En/Fishstat.

Hidayati, W., Amalia, N. H., Irnawati, I., Fadilla, F., Ramadhan, F., & Hari, Y. (2023). Penguatan Strategi Marketing Industri Kreatif Masyarakat (Home Industry Olahan Ikan Bandeng) di UMKM Kamaseang Desa Bonto Manai Kecamatan Labbakkang Kabupaten Pangkep. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 72–80.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2024). Volume Produksi Perikanan Indonesia . Https://Statistik.Kkp.Go.Id/Home.Php?M=prod_ikan_prov&i=2#panel-Footer.

Rahmania, M., & Harini, G. (2022). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce dalam Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha bagi Siswa-siswi SMK Negeri 10 Padang. Tasnim Journal for Community Service, 3(2), 36–41.

Teresya, R., Nabiilah, R. R., & Tunnajah, S. (2022). Literature Review E-Commerce: Profitabilitas, tekanan eksternal dan kemudahan pengguna. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 474–484.

Published

2024-09-28

How to Cite

Riska, M., Ashari, H., Muchtar, A., Tandirerung, V. A., & Burhan, M. I. (2024). Pendampingan Digitalisasi Kelompok Tani Tambak dalam Promosi Produk Melalui Media Sosial E-Commerce. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 195–199. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i3.5493