PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA KULIAH ANALISA STRUKTUR STATIS TERTENTU

Authors

  • Sartika Dewi Usman Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Jigsaw, Pembelajaran Kooperatiif

Abstract

Analisa Struktur adalah salah satu bidang ilmu utama dalam ilmu Teknik Sipil. Pokok bahasan utama yang dipelajarai adalah perilaku struktur terhadap beban yang bekerja pada struktur tersebut. Perilaku struktur yang dimaksud adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal). Bagi sarjana sipil yang telah berkecimpung di dalam dunia kerja, memahami mata kuliah ini   memang nyata sangat membatu, akan tetapi .mata kuliah ini menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa. Oleh karena itu perlu diterapkan inovasi-inovasi model pembelajaran sehingga mahasiswa dapat lebih antusias dalam belajar mata kuliah ini, salah satunya dengan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Teknik Sipil. Langkah-langkah penelitian meliputi tahapan persipan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Analisa Struktur Statis Tertentu. Peningkatan terlihat dari hasil pembelajaran dan sikap mahasiswa. Hasil pembelajaran mahasiswa berada pada  nilai rata-rata 90 masuk pada katagori baik sekali sedangkan dari sikap, mahasiswa lebih kritis, lebih percaya diri mengemukakan pendapat, dan lebih bersemangat untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Usman, S. D. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA KULIAH ANALISA STRUKTUR STATIS TERTENTU. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Arsitektur, 2(1). Retrieved from http://journal.unm.ac.id/index.php/TEKSTUR/article/view/4630