Etika Teknik Sipil Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Kartini Kartini Universitas Islam As'adiyah

Keywords:

Etika, Teknik Sipil, Agama Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana prinsip-prinsip etika dalam Islam dapat diterapkan dalam praktik teknik sipil untuk menciptakan lingkungan binaan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan analisis komparatif antara kode etik teknik sipil dengan ajaran moral Islam. Hasil menunjukkan adanya keselarasan antara etika profesi teknik sipil dengan nilai-nilai Islam seperti amanah, kejujuran, dan kemaslahatan umum. Pendidikan teknik sipil yang terintegrasi dengan perspektif Islam berpotensi menghasilkan insinyur yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki integritas moral yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya memasukkan dimensi etika berbasis Islam dalam kurikulum pendidikan teknik sipil untuk menghasilkan profesional yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Kartini, K. (2024). Etika Teknik Sipil Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Arsitektur, 2(1). Retrieved from http://journal.unm.ac.id/index.php/TEKSTUR/article/view/4642