Analisis Peran Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Adaptif Calon Guru SMK

Authors

  • Muhammad Haristo Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Nahridzah Mahjubuh Shiber Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek , VUCA, Keterampilan Adaptif, Dunia Kerja

Abstract

Penelitian ini mengkaji pandangan calon guru SMK terhadap Model Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sebagai strategi untuk mempersiapkan siswa menghadapi era VUCA (Volatilitas, Ketidakpastian, Kompleksitas, dan Ambiguitas) yang semakin mendominasi dunia kerja. Studi ini bertujuan untuk menilai efektivitas PjBL dalam mengembangkan keterampilan adaptif, kolaborasi, berpikir kritis, dan pemecahan masalah pada siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan mahasiswa calon guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun PjBL dianggap efektif dalam menumbuhkan keterampilan yang relevan untuk dunia kerja, terdapat kendala signifikan seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya metode penilaian yang realistis. Kesimpulannya, PjBL memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi tantangan dunia kerja yang kompleks, namun memerlukan dukungan infrastruktur dan evaluasi yang sesuai agar penerapannya lebih optimal dan relevan dengan kondisi industri saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Haristo Rahman, M., & Mahjubuh Shiber, N. (2024). Analisis Peran Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Adaptif Calon Guru SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Arsitektur, 2(1), 19–25. Retrieved from http://journal.unm.ac.id/index.php/TEKSTUR/article/view/4770