Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Agribisnis Tanaman Di Kelas X Atph 2 Smk Negeri 4 Gowa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada mata pelajaran Dasar-Dasar Agribisnis Tanaman kelas X ATPH 2 di SMK Negeri 4 Gowa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan variabel terikat yaitu peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif menggunakan rumus hasil belajar, rata-rata hasil belajar, persentase peningkatan dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan rata-rata nilai hasil posttets pada siklus I dan II masing-masing sebesar 67,83% dan 80,17%. Persentase peningkatan hasil belajar siswa juga meningkat dari 65,28% di siklus I menjadi 95,35% pada siklus II. Dengan hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada mata pelajaran Dasar-Dasar Agribisnis Tanaman (DDAT) di kelas X ATPH 2 SMK Negeri 4 Gowa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Arends, R. I. (2007). Learning to teach. New York: McGraw Hill Companies.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muzayyin. A. 2011. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahmawati. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan,1(3) 254-295
Sanjaya, W. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta
Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.