Hubungan Media Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Kelurahan Cabenge Kabupaten Soppeng

Authors

  • Muhammad Asrul Sultan
  • Nur Ilmi
  • A Ika Purnama Universtas Negeri Makassar

Keywords:

media pembelajaran, motivasi, belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex post facto dengan tipe korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi di Kelurahan Cabenge Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas tinggi di Kelurahan Cabenge Kabupaten Soppeng yang berjumlah 232 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 101 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan  hasil analisis deskriptif diperoleh penggunaan media pembelajaran tergolong tinggi dengan presentase 50% dan motivasi belajar siswa tergolong sedang dengan presentase 46%. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai signifikansi 0.040 < 0.05 maka H0 ditolak, yang berarti terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi di Kelurahan Cabenge Kabupaten Soppeng. Persamaan regresi Y = 52,082 – 0,451 X, artinya rata-rata skor motivasi belajar siswa mengalami perubahan sebesar 0,451 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada penggunaan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles