Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi UPTD SD Negeri 105 Barru

Authors

  • Rasmi Djabbah
  • Natriani Syam
  • Asriani Universitas Negeri Makassar

Keywords:

pola asuh orang tua, prestasi belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi UPTD Negeri 105 Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitia ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yaitu se-luruh siswa di UPTD Negeri 105 Barru yang berjumlah 74 siswa, sedangkan sam-pelnya sebanyak 16 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling pur-posive. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket pola asuh orang tua dan data prestasi belajar diperoleh dengan teknik pengumpulan data dokumentasi malalui guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien ko-relasi product moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh tipe pola asuh otoriter memperoleh persentase sebesar 78,1%, pola asuh demokratis memperoleh persentase sebesar  87,5% dan pola asuh permisif memperoleh persentase sebesar 74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang dominan digunakan oleh orang tua siswa UPTD SD  105 Barru adalah pola asuh demokratis. Adapun ana-lisis inferensial diperolah bahwa nilai rhitung 0,740 > rtabel 0,497 sehingga H0 ditolak Hi diterima, yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan dan kuat antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa sebesar 54,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles