Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKN di Kelas III UPTD SD Negeri 71 Parepare

Authors

  • Natriani Syam
  • Rasmi Djabba
  • sirmawati Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Model Pembelajaran, make a match, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III UPTD SD Negeri 71 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPTD SD Negeri 71 Parepare yang berjumlah  20 siswa dan 1 orang guru, jadi semua subjek penelitian berjumlah 21. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I pertemuan satu diperoleh taraf keberhasilan yang didapat yaitu kategori kurang (K), Siklus I pertemuan dua diperoleh taraf keberhasilan guru dengan kategori cukup (C), siklus II pertemuan satu kategori baik (B), dan siklus II pertemuan dua kategori baik (B). Begitu juga dengan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I pertemuan satu taraf keberhasilan yang didapat yaitu kategori Cukup (C), siklus I pertemuan dua kategori cukup (C) , siklus II pertemuan satu kategori cukup (C) dan Pertemuan dua kategori baik (B). Peningkatan hasil belajar ditunjukkan mulai siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar yang berada pada kualifikasi cukup (C), dan siklus II dengan nilai rata- rata yang diperoleh siswa berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang Lambang Negara garuda pancasila siswa kelas III UPTD SD Negeri 71 Parepare tahun 2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles