Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas V UPTD SD Negeri 115 Barru

Authors

  • Muslimin Universitas Negeri Makassar
  • Musfirah Universitas Negeri Makassar
  • Endang Putri Ani Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, matematika, pecahan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 115 Barru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang pecahan kelas V UPTD SD Negeri 115 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu berjumlah 1 guru dan 20 orang siswa kelas V UPTD SD Negeri 115 Barru. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa tentang pecahan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I proses pembelajaran aktivitas guru menunjukkan kualifikasi cukup (C), aktivitas dan tes evaluasi siswa menunjukkan kualifikasi kurang (K). Pada siklus II proses pembelajaran aktivitas guru menunjukkan kualifikasi baik (B), aktivitas dan tes evaluasi siswa menunjukkan kualifikasi cukup (C). Siklus III proses dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan kualifikasi baik (B). Maka dari itu, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa tentang pecahan di kelas V UPTD SD Negeri 115 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles