Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas VI UPT SD Negeri 59 Pinrang

Authors

  • Umrah Nasir Universitas Negeri Makassar
  • Natriani Syam Universitas Negeri Makassar
  • Ritha Tuken Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Model Pembelajaran, Proses Belajar, Hasil Belajar, Time Token

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas VI UPT SD Negeri 59 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Time Token. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas VI berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Setelah diterapkan model pembelajaran Time Token, proses belajar meningkat dari kualifikasi cukup (C) di siklus I dan II, meningkat menjadi baik (B) di siklus III. Setelah diterapkan Time Token nampak terjadi perubahan proses pembelajaran yaitu perubahan aktivitas pada siswa. Perubahan tersebut terlihat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, dan interaksi yang terjalin dengan baik. Adanya perubahan proses pembelajaran tersebut mendorong pada peningkatan hasil belajar siswa, dari kualifikasi kurang pada siklus I, cukup siklus II, menjadi baik di siklus III. Kesimpulan adalah penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI UPT SD Negeri 59 Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles